Keseimbangan Energi Positif dan Kegemukan ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Tuesday, December 12, 2017

Keseimbangan Energi Positif dan Kegemukan

Dee Nutrition - Keseimbangan Energi Positif dan Kegemukan

Kegemukan dan Keseimbangan Energi Positif

Artikel beberapa hari yang lalu telah dibahas tentang Keseimbangan Energi. Kita mengetahui bahwa keseimbangan energi bagi menjadi kedalam tiga jenis yaitu keseimbangan energi netral, positif dan negatif. Kali ini kita akan membahas tentang keseimbangan energi positif dan terjadinya kegemukan pada seseorang. Keduanya mempunyai kaitan satu sama lain, kaitan apa itu? Mari kita mulai.

Mari kita sejenak membahas tentang definisi keseimbangan energi positif dan kegemukan. Keseimbangan energi positif adalah keseimbangan yang terjadi ketika energi yang masuk (energi input) yang berasal dari makanan lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan energi yang keluar (untuk metabolism dan ber-aktivitas). Selanjutnya, kegemukan adalah suatu kelebihan berat badan yang terjadi pada seseorang diakibatkan oleh penumpukan jaringan lemak tubuh yang berlebih dimana dapat mempengaruhi aktivitas dan kesehatan seseorang.

Bagaimana Keseimbangan Energi Positif Pengaruhi Berat Badan

Ketika keseimbangan energi positif terjadi, terdapat kelebihan energi yang dikonsumsi oleh kita namun tidak digunakan. Hal ini kemudian merangsang tubuh untuk menyimpan kelebihan energi tersebut menjadi cadangan energi yang diharapkan akan digunakan ketika tubuh membutuhkan energi yang tinggi dan asupan energi yang kita dapat dari makanan belum cukup. Cadangan energi disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Siklus ini akan terus terjadi selama keseimbangan energi positif terus berlangsung setiap harinya. Tubuh akan terus menyimpan kelebihan energi menjadi timbunan lemak dan akan terus meningkatkan jaringan lemak pada tubuh seseorang. Jika hal ini terus berlanjut, tubuh akan mengalami penumpukan jaringan lemak secara berlebihan dan akhirnya terjadilah kegemukan pada seseorang.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika sudah terjadi kegemukan, maka tidak ada cara mudah untuk dapat mengatasinya. Diperlukan perubahan pola makan dan pola hidup secara total. Seseorang harus melakukan pengaturan diet dan olahraga secara baik, optimal serta perlu kedisiplinan yang tinggi. Pengaturan diet dan olahraga yang baik diperlukan untuk dapat menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya keseimbangan energi positif secara terus menerus. Mari konsumsi makanan dan minuman secara cukup dan bervariasi setiap hari dan jangan lupa olahraga setiap hari agar tubuh menjadi sehat dan kuat.  

Sekian untuk artikel gizi kali ini, Jika ada komentar, sanggahan, kritik, ataupun saran, silahkan kirimkan melalui boks komentar yang ada dibawah. Jangan lupa subscribe melalui email atau like fans page kami. Sekian dan Terimakasih

Dee Nutrition's Blog
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language