Apa Itu Keseimbangan Energi? ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Senin, 11 Desember 2017

Apa Itu Keseimbangan Energi?

keseimbangan energi


Apa Itu Keseimbangan Energi?

Artikel kali ini akan membahas tentang Keseimbangan energi. Sebenarnya apa itu keseimbangan energi? Apakah keseimbangan energi itu perlu didapatkan? Apakah keseimbangan energi mempengaruhi berat badan dan status gizi seseorang? Teori keseimbangan energi merupakan teori dasar yang harus diketahui oleh semua mahasiswa jurusan gizi, dan saya sejujurnya sangat menyukai materi keseimbangan energi ketika saya kuliah dulu di jurusan ilmu gizi. Mari langsung kita mulai
Keseimbangan energi merupakan keseimbangan yang terjadi antara energi yang masuk yang berasal dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang dengan energi yang keluar (metabolism basal, termal energi, dan aktivitas fisik). Keseimbangan energi ini harus dicapai oleh seseorang karena akan menjaga status gizinya. Untuk dapat menjaga berat badan seseorang (jika orang tersebut sudah berada di berat badan ideal atau status gizi normalnya), maka keseimbangan energi harus dijaga. Energi yang keluar haruslah sama dengan energi yang masuk agar tidak terjadi perubahan berat badan.  

Energi yang Masuk (Input) dan Energi yang Keluar (Output)

Energi input atau energi intake atau asupan energi adalah seberapa banyak seseorang mendapatkan masukan energi tergantung dari banyaknya jumlah energi yang terdapat didalam pangan yang dikonsumsinya.  Sedangkan energi yang keluar atau energi output adalah banyaknya energi yang dikeluarkan seseorang untuk kebutuhan energi basal /metabolisme basal, aktivitas fisik, thermic effect of food (energi yang dibutuhkan tubuh untuk memproses makanan), serta adaptive thermogenesis (yaitu energi yang dibutuhakn seseorang untuk beradaptasi ketika ada perubahan seperi sakit, stress, trauma demam, dsb, yang akan meningkatkan energi yang keluar ketika kejadian tersebut terjadi)

Pembagian Jenis Keseimbangan Energi

Pada dasarnya, terdapat tiga macam keseimbangan energi yaitu keseimbangan energi netral, keseimbangan energi positif dan keseimbangan energi negatif. Untuk keseimbangan energi netral dapat terjadi ketika energi yang masuk/input sama dengan energi yang keluar (atau jaraknya antara keduanya sangat kecil). Untuk dua tipe keseimbangan energi lainnya yaitu keseimbangan energi positif dan keseimbangan energi negative dapat dikatakan juga dengan ketidakseimbangan. Keseimbangan energi positif adalah ketidakseimbangan energi dimana jumlah energi yang masuk lebih besar daripada energi yang dikeluarkan. Sebaliknya keseimbangan energi negatif adalah ketidakseimbangan energi dimana energi yang keluar lebih besar dibandingkan energi yang masuk. Selain pengertian, dampaknya keduanya juga berbeda jika keduanya berlangsung dalam jangka waktu Panjang. Sederhananya, Keseimbangan energi positif akan mengakibatkan terjadinya peningkatan berat badan sedangkan keseimbangan energi negatif mengakibatkan hal yang sebaliknya yaitu penurunan berat badan.

Bagaimana Keseimbangan Energi mempengaruhi Berat Badan dan Status Gizi?

Ketika keseimbangan energi positif terjadi, kelebihan energi yang masuk yang tidak digunakan tubuh akan disimpan di tubuh menjadi cadangan energi dalam bentuk cadangan lemak, hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan jaringan lemak tubuh dan berat badan seseorang. Jika keseimbangan energi positif terus terjadi maka akan mengakibatkan terjadinya kegemukan. Lain halnya dengan keseimbangan energi positif, keseimbangan energi negatif akan menurunkan berat badan karena ketika energi yang keluar lebih besar daripada energi yang masuk, maka tubuh akan memecah cadangan lemak yang ada pada tubuh untuk digunakan sebagai energi untuk bisa menutupi tingginya energi yang keluar.

Keseimbangan Energi Dibutuhkan Seseorang

Manusia membutuhkan energi untuk hidup, serta menunjang pertumbuhan, perkembangan dan melakukan aktivitas sehari – hari. Diperlukan adanya keseimbangan energi antara energi yang masuk dan energi yang keluar agar kita dapat menjaga status gizi kita. oleh karena itu mari konsumsi makanan dan minuman yang bervariasi dan cukup, tidak kurang dan juga berlebihan agar dapat menjaga berat badan dan status gizi kita dengan baik.

Sekian untuk artikel gizi kali ini, Jika ada komentar, sanggahan, kritik, ataupun saran, silahkan kirimkan melalui boks komentar yang ada dibawah. Jangan lupa subscribe melalui email atau like fans page kami. Sekian dan Terimakasih

Dee Nutrition's Blog
x
x
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language