Cara Menurunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Buah & Sayur ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Kamis, 02 November 2017

Cara Menurunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Buah & Sayur

fruit and vegetable


Apakah anda suka buah dan sayur ? apakah anda mengonsumsinya setiap hari ? atau anda hanay suka salah satunya saja ? atau bahkan malahan anda tidak suka buah dan sayur sama sekali. Buah dan sayur memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh kita lho, sangat rugi jika kita tidak mengonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari.

Mungkin sebagian besar  dari anda yang membaca artikel iniada yang tidak menyukai konsumsi buah dan sayur setiap hari, bahkan mungkin ada dari anda yang  bahkan tidak  atau sangat jarang sekali mengonsumsi buah dan sayur. Jujur saja sebelum saya mengetahui tentang manfaat buah dan sayur bagi tubuh kita dan masuk ke jurusan Ilmu Gizi, saya juga sangat jarang makan buah, bahkan saya tidak menyukai makan sayur setiap hari.

Mencegah Anda Untuk Makan Berlebihan dan Membuat Anda Merasa Kenyang



Buah dan sayur merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya yaitu sebagai sumber serat. Serat memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Satu fakta yang menarik bagi serat, walaupun serat merupakan salah satu golongan karbohidrat, namun serat tidak memberikan energi untuk tubuh sehingga jika dikonsumsi tidak akan menambah asupan energi yang kita konsumsi dari makanan yang tinggi serat. Sumber utama serat adalah buah dan sayur, serat adalah zat gizi yang berada di semua buah dan sayur.


Serat mempunyai peranan bagi tubuh kita salah satunya dalam menjaga berat badan. Peranan serat dalam menjaga berat badan kita yaitu dengan mencegah anda mengonsumsi makanan secara berlebihan. Konsumsi serat secara cukup akan membuat kita merasa cepat kenyang dan memperlambat kita merasa cepat lapar dengan cara memperlambat proses pergerakan makanan yang dikonsumsi pada sistem pencernaan sehingga kita tidak cepat merasa kelaparan.

Konsumsi buah dan serat secara cukup setiap hari dapat mencukupi kebutuhan serat kita juga. Rekomendasi asupan serat setiap hari adalah 25 – 30 gram per hari. Berdasarkan tumpeng gizi seimbang konsumsi buah dan sayur kita untuk orang Indonesia setiap harinya adalah 2 – 3 jenis buah setiap hari dan 3 – 4 jenis sayur setiap hari.

Buah dan Sayur sebagai Sumber Vitamin, Mineral dan Antioksidan


Pernah mendengar bahwa Buah dan Sayur baik untuk menjaga status imun dan kesehatan kita dari penyakit ? hal tersebut memanglah benar. Buah dan sayur memiliki banyak kandungan zat gizi micromineral yang baik untuk tubuh. Terdapat berbagai macam vitamin dan mineral yang jika anda mencarinya di internet atau di pustaka referensi maka anda akan menemukan fakta bahwa konsumsi terdapat beberapa vitamin dan mineral yang berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita.  jika anda mengonsumsi buah dan sayur secara cukup setiap harinya maka kemungkinan besar anda akan mencukupi berbagai macam kebutuhan zat gizi micromineral yaitu vitamin dan mineral dan menjaga kekebalan tubuh anda

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, terdapat pula beberapa vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai sumber antioksidan. Beberapa vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc dan Selenium merupakan salah satu zat gizi micromineral yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Konsumsi zat gizi yang berfungsi sebagai antioksidan secara cukup setiap hari dapat menjaga tubuh kita dari paparan bahaya zat – zat oksidan yang dapat merusak sel – sel pada tubuh anda.

Anda Tidak Perlu Memikirkan Kandungan Energinya Ketika Makan Banyak


Lebih baik makan banyak buah dan sayur ketimbang makan – makanan lain, karena konsumsi buah dan sayur yang banyak setiap hari (namun tidak berlebihan) memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh kita seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Konsusmi buah dan sayur secara banyak juga tidak akan meningkatkan asupan energi kita melonjak tinggi sehingga tidak perlu khawatir terkena kelebihan asupan energi jika konsumsi buah dan sayur berlebihan. Memang terdapat beberapa buah yang punya kandungan energi tinggi seperti Alpukat (kandungan energi per buah ukuran sedang – besar sekitar 300 – 350 kkal per buah), sebagian besar buah dan sayur memiliki kandungan energi yang rendah.

Dapat Dikonsumsi Sebagai Snack Sehat



Daripada anda makan snack – snack pabrikan yang memilik kandungan energi, lemak, natrium yang tinggi namun rendah zat gizi lainnya. Lebih baik anda ganti snack anda dengan snack buah atau sayur, ini akan jauh lebih sehat. Konsumsi snack – snack pabrikan yang kurang sehat secara berlebihan merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah kelebihan berat badan pada seseorang. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, buah dan sayur memiliki kandungan energi yang rendah, jadi jika anda mengonsumsi buah dan sayur sebagai snack cukup banyak setiap hari, tentunya itu akan lebih menguntungkan anda dibandingkan anda mengonsumsi snack – snack pabrikan yang tidak sehat

Konsumsi Buah Dan Sayur Di Indonesia Itu Murah



Negara Indonesia merupakan negara dengan jenis flora yang melimpah ruah, baik dari sabang sampai marauke Indonesia, terdapat berbagai macam jenis buah dan sayur yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Karena terdapat banyak buah dan sayur, sangat mudah untuk mendapatkannya dengan harga yang murah. Di negara – negara serta kota – kota  besar dan maju di luar sana, untuk dapat melakukan pola hidup sehat cukup mahal karena harga buah dan sayur disana itu lebih mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan makanan cepat saji dan junk food disana. Bayangkan betapa mudahnya kita untuk hidup sehat di Indonesia namun malah kita tidak memanfaatkan hal tersebut ? adalah rugi besar untuk kita jika tidak konsumsi buah dan sayur sebagai orang Indonesia.
  

Menjaga Berat Badan Anda



Anda memiliki masalah berat badan ? anda merasa terlalu kurus ? atau malah terlalu gemuk? Jika anda merasa memiliki masalah berat badan, apakah anda saat ini sedang dalam program penurunan atau peningkatan berat badan ? Masalah berat badan saat ini sudah menjadi masalah yang sedang tren di era milenial, baik laki – laki ataupun wanita merasa bahwa berat badannya terlalu kurus atau terlalu gemuk. Banyak dari orang – orang yang melakukan penurunan berat badan, dan salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah konsumsi buah dan sayur secara banyak dan mencukupi setiap harinya. Sudah dijelaskan diatas bahwa Buah dan sayur memiliki peranan dalam menjaga berat badan anda dengan cara membuat anda tidak mudah merasa lapar dan membuat anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga membuat anda untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.


Jadi bagaimana ? apa lagi yang anda tunggu ? segeralah konsumsi buah dan sayur jika anda  ingin menurunkan dan menjaga berat badan anda, serta menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit dengan konsumsi buah dan sayur. Khasiat buah dan sayur untuk jaga berat badan dan kesehatan sudah terbukti karena kandungan zat gizi pada buah dan sayur sangat baik dan bagus untuk tubuh kita. Oleh karena itu, ayo segera konsumsi buah dan sayur dan jadi lebih sehat

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan kirimkan pertanyaan kalian dengan cara mengetikannya di kolom komentar yang telah disediakan. Kami juga menerima kritik dan saran yang kalian kirimkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik. Jangan lupa subscribe melalui email dan like fans page Dee Nutrition’s Blog untuk mendapatkan informasi – informasi terbaru dari blog ini. Sekian dan Terimakasih.


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language