Kenapa Sarapan Sangat Penting Bagi Kita ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Selasa, 10 Oktober 2017

Kenapa Sarapan Sangat Penting Bagi Kita



Apakah anda sarapan pagi ini ? Sarapan apa anda pagi ini ? Atau malah anda tidak sarapan dan melewatkan sarapan ? Banyak hal yang mengakibatkan kita memilih untuk tidak melaksanakan sarapan, seperti telat bangun atau kesiangan jadi melewatkan sarapan karena takut telat menuju ke sekolah atau tempat kerja, melewatkan sarapan karena bangun terlalu siang dan malas menyiapkan dan melakukan sarapan pagi, melewatkan sarapan karena ingin diet dan menurunkan berat badan ? atau melewatkan sarapan karena memang kebiasaan anda untuk melewatkan sarapan ? Terdapat berbagai macam kejadian yang akhirnya menuntut kita memilih untuk tidak melaksanakan sarapan, namun tahukah anda ? bahwa sarapan sangatlah penting bagi kita semua? Untuk dapat beraktivitas dan berfikir kita di sekolah, kampus atau di tempat kerja yang optimal kita membutuhkan sarapan ?



-          Kenapa Harus Sarapan



Sarapan merupakan makan besar yang dilakukan pertama kali dipagi hari. Waktu sarapan pagi  adalah antara pukul 06.00 – 09.00 pagi. Sarapan berfungsi untuk memberikan asupan zat gizi yang mencukupi sehingga menunjang proses berpikir dan aktivitas fisik seseorang. Sarapan dilakukan untuk menyuplai energi dan zat gizi penting setelah tidak makan dalam jangka waktu pangjang karena tidur malam. Sarapan dibutuhkan oleh seseorang untuk menunjang aktivitasnya di tempat kerja, sekolah atau kuliah agar bisa lancar dan berjalan normal. Orang – orang yang melaksanakan sarapan akan cenderung dapat memenuhi kebutuhan gizinya dan tidak akan mengalami kejadian overeating ketika makan siang dan malam.


Otak membutuhkan asupan zat gizi yang optimal untuk berfikir, tubuh membutuhkan asupan energi untuk dapat bergerak dan beraktivitas, sarapan diperlukan untuk memberikan energi dan zat gizi setelah tidur malam yang pankang. Tanpa sarapan, asupan energi dan berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan di pagi hari dapat terganggu. Berbagai macam hal dapat diakibatkan karena melewatkan sarapan seperti sulitnya konsentrasi dan berpikir, badan terasa lelah dan tidak bersemangat karena kurang energi.





-          Apa yang Terjadi Ketika Tidak Sarapan



Sarapan merupakan bagian dari gaya hidup seseorang. Normalnya, Semenjak makan malam hingga tidur malam, kira – kira tubuh mengalami ‘puasa’ makan selama hampir 12 jam. Tubuh kita tidak mendapatkan asupan kalori dan zat gizi penting lainnya. Walaupun kita beristirahat, tubuh kita tetap aktif dan membutuhkan energi untuk dapat menyokong kehidupan sistem – sistem tubuh kita. Ketika bangun tidur, asupan makan terakhir kita berasal dari makan malam dan harus segera untuk memberikan suplai energi dan zat gizi yang cukup untuk tubuh dapat beraktivitas.



Dalam proses berpikir, otak membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik karena seluruh proses berpikir dan pengaturan sistem semuanya dilakukan oleh otak.  Ketika tubuh tidak menerima asupan energi yang optimal untuk melakukan berbagai macam tugasnya, maka akan terjadi proses dimana otak akan memberikan perintah untuk mengkompensasi energi dan zat gizi yang digunakan, lalu mekanisme penggunaan energi dari cadangan energi yang ada ditubuh dalam bentuk glikogen di hati dan otot akan aktif. Sayangnya mekanisme ini butuh waktu yang tak sebentar.  



Ketika proses ini terjadi, otak beradaptasi dan mengirimkan sinyal berupa  tanda – tanda yang dapat dirasakan oleh orang yang tidak sarapan. Tanda – tanda nya seperti kemampuan kualitas berpikir menjadi menurun karena kekurangan suplai glukosa dari proses konversi energi dari cadangan glikogen ke glukosa, tidak dapat beraktivitas karena mudah merasa lelah dan letih.



Tubuh akan beradaptasi dengan mengirimkan beberapa tanda, secara umum dapat dilihat orang yang tidak mengongsumsi makanan akan merasa sulit untuk berpikir dan kehilangan konsentrasi belajar karena tubuh kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk proses berpikir



-          Mitos Melewatkan Sarapan Untuk Menurunkan Berat Badan



Melewatkan sarapan dan hanya makan siang dan makan malam saja ? dan tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan ? Tunggu dulu, terdapat penelitian yang mengatakan bahwa orang – orang yang melewatkan sarapannya justru mengalami peningkatan berat badan. Hal ini diakibatkan karena ketika seseorang melewatkan sarapan, maka tubuh akan ‘meminta lebih’ asupan makanan yang masuk ketika makan besar selanjutnya yaitu makan siang dan malam, orang – orang yang melewatkan sarapan terkadang tidak sadar bahwa porsi makan mereka ketika makan siang dan makan malam bertambah.

Padahal ketika makan siang dan makan malam, aktivitas kita sudah mulai menurun dan tidak banyak dibandingkan pagi hari, ini tentunya akan mengakibatkan asupan energi yang berlebih ketika makan siang dan makan malam tidak akan digunakan dan oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak sehingga malah akan mengakibatkan peningkatan berat badan



-          Sarapan yang Baik Itu Seperti Apa ?



Sarapan yang baik itu haruslah bervariasi dan mencukupi kebutuhan gizi untuk dapat beraktivitas normal di pagi hari, tidak boleh kurang atau berlebihan. Sarapan yang beravariasi akan membantu memberikan zat gizi yang bervariasi baik itu zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) sebagai sumber energi dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral). Konsumsi makanan yang bervariasi haruslah mengonsumsi makanan dari berbagai jenis makanan seperti nasi untuk karbohidrat, lauk pauk untuk sumber protein dan lemak, buah dan sayur untuk serat, vitamin dan mineral, serta segelas susu sapi murni untuk energi dan mineral. Semua zat gizi mempunyai peranan penting baik untuk aktivitas seseorang maupun untuk proses pertumbuhan dan atau perkembangan yang optimal.


Anda tahu tentang pesan gizi 4 sehat 5 sempurna ? jika ia sebenarnya pesan gizi tersebut sudah di adakan sejak lama dan sekarang sudah digantikan dengan yang lebih detail dan lebih lengkap yaitu tumpeng gizi seimbang dari program pilar gizi seimbang. Konsepnya hampir sama yaitu makanan yang bervariasi namun lebih lengkap dan lebih detail dibandingkan 4 sehat 5 sempurna.



Bagaimana ? apakah anda masih ingin melewatkan sarapan ? banyak kerugian yang didapatkan dibandingkan keuntungan dari melewatkan sarapan ? orang – orang yang meleatkan sarapan untuk menurunkan badannya dan berharap dapat turun nyatanya menghasilkan efek sebaliknya, berat badan tidak turun atau bahkan malah naik, karena cara tersebut salah dan ditambah anda tidak melakukan olahraga untuk meningkatkan energi yang keluar, pembakaran lemak tubuh tidak akan terjadi dan penurunan berat badan akan terjadi secara lambat. Oleh karena itu ayo kita sarapan, karena melakukan sarapan akan sangat menguntungkan semua orang, tidak ada kerugian yang didapatkan ketika anda melaksanakan sarapan pagi setiap hari.



Sekian untuk artikel Pentingnya sarapan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau memberikan kritik sarannya silahkan tuliskan di kolom komentar yang ada dibawah. Kritik dan saran anda sangat berarti bagi kami.



Jangan lupa subscribe melalui email dan like fans page kami untuk mendapatkan informasi – informasi menarik lainnya dan artikel – artikel baru dari Dee Nutritions Blog. Sekian Dan terimakasih




Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language