Ingin Melakukan Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan ? Jangan Lupa Olahraga ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Senin, 02 Oktober 2017

Ingin Melakukan Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan ? Jangan Lupa Olahraga


Di zaman sekarang yang dengan mudahnya dapat mengalami kegemukan, tentunya banyak orang yang ingin menjaga berat badannya, dari yang membatasi pola makan, mengurangi asupan makan secara ekstrim, olahraga berlebihan. Semuanya dilakukan semata – mata untuk menurunkan berat badannya, namun karena strategi dan diet yang salah akhirnya pengaturan diet dan aktivitasnya gagal dan akhirnya bisa ditebak bukan ? berat badan tidak kunjung turun. Banyak orang yang melakukan ‘pengaturan diet’ namun lupa satu hal yaitu pengaturan aktivitas fisik dan olahraga, padahal keduanya saling berhubungan dan jika dilakukan dengan baik akan memberikan dampak penurunan berat badan yang normal1,2.

            “Pengaturan Diet Sehat dan Aktivitas Fisik memiliki kaitan satu sama lain”

            Konsep untuk menurunkan atau meningkatkan berat badan membutuhkan pemahaman keseimbangan energi. (Anda bisa baca disini : Ingin Menurunkan Berat Badan ? Pelajari Keseimbangan Energi Terlebih Dahulu). Untuk menurunkan berat badan diperlukan pembakaran lemak tubuh dan terjadinya keseimbangan energi negative dimana energi yang keluar lebih besar dibanding energi yang masuk. Durasi olahraga yang direkomendasikan untuk seseorang yaitu  minimal selama 60 menit setiap hari atau 2.5 jam setiap minggu dengan intensitas olahraga dari ringan hingga ke sedang. Berolahraga selama 60 menit setiap hari akan meningkatkan energi output atau energi yang keluar serta dengan pengaturan pola makan dengan membatasi asupan energi ke batas cukup akan membantu anda menurunkan berat badan anda1.


            Bagaimana ? Apakah anda sedang melakukan pengaturan diet ? jangan lupa melakukan aktivitas fisik agar penurunan badan akan cepat terlihat dibandingkan hanya melakukan salah satunya saja ? Akan kurang sempurna jika hanya membatasi asupan makanan ke batas cukup namun aktivitas fisiknya tidak ditambah dan dirutinkan setiap hari. Keseimbangan energi negative akan sulit terjadi. Oleh karena itu ayo mulai atur dietmu sekaligus tingkatkan aktivitas fisikmu secara perlahan.

            Sekian untuk artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanya bisa komentar di box yang telah disediakan dibawah. Subscribe melalui email dan like fans page kami. Terimakasih banyak.

Daftar Pustaka
1.       Whitney E, Rolfes SR. Understanding Nutrition [Internet]. Cengage Learning; 2010. (Available Titles CourseMate Series). Available from: https://books.google.co.id/books?id=LhSLKVmauGoC
2.        Aljaaly EAM. Factors affecting nutritional status and eating behaviours of adolescent girls in saudi arabia. PQDT - UK & Ireland [Internet]. 2012;(August). Available from: http://login.ezproxy.library.ualberta.ca/loginurl=http://search.proquest.com/docview/1774234478?accountid=14474%5Cnhttp://resolver.library.ualberta.ca/resolver?url_ver=Z39.88 2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=dissertations+%26+thes


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language