Buah Alpukat, Sang Rajanya Serat Di Kalangan Buah - Buahan ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Senin, 09 Oktober 2017

Buah Alpukat, Sang Rajanya Serat Di Kalangan Buah - Buahan


Beberapa waktu lalu, Dee Nutritions Blog megulas artikel tentang buah – buahan yang memiliki beberapa kandungan zat gizi spesifik yang tinggi khususnya pada zat gizi micromineral (vitamin dan mineral) dibanding buah lainnya. Waktu yang lalu yang di Bahasa adalah buah – buahan yang kaya akan Serat, Vitamin C dan juga Kalium. Ada satu hal yang menarik, yaitu terdapat beberapa buah yang dimana tinggi serat dan juga tinggi kalium dan vitamin C. Salah satu buah tersebut adalah buah alpukat.


Kingdom:
Plantae
(unranked):
Angiosperms
(unranked):
Magnoliids
Order:
Laurales
Family:
Lauraceae
Genus:
Persea
Species:
P. americana
Nama Latin
Persea americana


Anda sudah tahu tentang Buah Alpukat bukan ? Sebagian dari anda pasti pernah mendengar atau bahkan sudah pernah atau sering mengonsumsinya? Buah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi telinga kita orang Indonesia karena buah Alpukat merupakan buah yang mudah didapatkan dan peminat buah ini sangatlah banyak. Buah yang memiliki nama latin Persea americana dari genus family Persea dan merupakan jenis buah musiman ini ternyata memiliki berbagai macam fakta – fakta menarik terkait kandungan zat gizi didalamnya. Dibawah ini merupakan fakta – fakta menarik soal buah alpukat ini yang belum banyak orang tahu.

1.      Memiliki Berbagai Macam Kandungan Zat Gizi


Walaupun termasuk dalam kategori buah, ternyata Alpukat merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan bebagai zat gizi yang tinggi. Alpukat memiliki kandungan serat yang lebih besar ketimbang pisang. Walaupun termasuk buah, alpukat memiliki kandungan energi yang tinggi dan lemak yang tinggi, tentunya lemak yang ada pada alpukat adalah lemak MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acids) yang baik untuk kesehatan.

Dibawah ini merupakan kandungan gizi pada satu buah dan 100 gr buah alpukat :

Kandungan Gizi Satu Buah Alpukat
Kandungan Gizi per 100 gr Alpukat
Calories
322 kkal
Total Fat 29 g
44%
Saturated fat 4.3 g
21%
Polyunsaturated fat 3.7 g
Monounsaturated fat 20 g
Cholesterol 0 mg
0%
Sodium 14.1 mg
0%
Potassium 974.9 mg
27%
Total Carbohydrate 17 g
5%
Dietary fiber 13 g
52%
Sugar 1.3 g
Protein 4 g
8%
Vitamin A
5%
Vitamin C
33%
Calcium
2%
Iron
6%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
25%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
14%
Calories
160 kkal
Total Fat 15 g
23%
Saturated fat 2.1 g
10%
Polyunsaturated fat 1.8 g
Monounsaturated fat 10 g
Cholesterol 0 mg
0%
Sodium 7 mg
0%
Potassium 485 mg
13%
Total Carbohydrate 9 g
3%
Dietary fiber 7 g
28%
Sugar 0.7 g
Protein 2 g
4%
Vitamin A
2%
Vitamin C
16%
Calcium
1%
Iron
3%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
15%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
7%


Dapat dilihat pada tabel diatas bahwa, kandungan serat buah alpukat cukup tinggi, anda dapat membaca artikel saya sebelumnya untuk melihat dan mengkomparasi kandungan serat pada buah alpukat dibandingkan yang lainnya, perbedaannya cukup jauh. Kandungan serat per buah alpukat sangat tinggi yaitu 13 gram dan untuk per 100 gramnya sekitar 7 gr serat. Sekali makan buah alpukat dapat mencukupi hampir 50% kebutuhan serat setiap harinya,

Ada satu hal yang perlu diperhatikan pada buah alpukat adalah kandungan energi. Walaupun buah, ternyata alpukat memiliki kandungan energi yang cukup tinggi di kategorinya, yaitu sebesar 322 kkal per buahnya, dan jika anda mengonsumsi dua buah alpukat tentu itu berarti anda sudah seperti makan besar, perlu diperhatikan juga terkadang ketika kita membuat makanan berbasiskan buah alpukat seperti pure atau jus alpukat juga ditambahkan gula yang dapat meningkatkan kandungan energi makanan tersebut dan semakin meningkatkan energi yang diasup. Jadi perlu dihati – hati jika ingin mengonsumsi alpukat agar tidak mengasup energi secara berlebihan.

2.     Pantas Menyandang Rajanya Serat Di Kalangan Buah

(Baca Juga       : 5 (Lima) Buah – Buahan Tinggi Serat)

Fakta – faktra menarik tentang Buah alpukat yaitu buah ini sering dianjurkan dalam pengaturan diet sehat. Kenapa begitu ? Ternyata ini karena kandungan serat dalam buah alpukat yang cukup tinggi, orang – orang yang ingin menurunkan berat badannya dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan serat hariannya.

Semakin majunya zaman, menjadi gemuk di zaman sekarang sangatlah mudah, untuk menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya kegemukan banyak orang melakukan pengaturan diet sehat. Salah satu yang dianjurkan adalah pengonsumsian buah dan sayur secara cukup untuk mencukupi kebutuhan serat setiap harinya untuk mencegah terjadinya kelebihan asupan dan membantu menurunkan berat badan. alpukat dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mencukupi kebutuhan serat setiap hari untuk seseorang yang ingin melakukan diet.

Asupan buah yang direkomendasikan untuk orang Indonesia berdasarkan Tumpeng Gizi Seimbang adalah 2 -3 jenis buah setiap harinya, dan ditambah dengan asupan sayur sebanyak 3 – 4 jenis setiap hari maka akan dapat mencukupi kebutuhan serat setiap harinya.

Sumber serat sendiri berasal dari tumbuhan yaitu buah – buahan dan sayuran. Kandugan serat yang tinggi pada alpukat membuat alpukat digemari dan dijadikans ebagai santapan baik langsung ataupun olehan untuk dapat dikonsumsi. Karena kandungan serat yang tinggi pada buah alpukat, jika anda mengonsumsi 2 buah alpukat ukuran sedang hingga besar akan  mampu mencukupi kebutuhan serat sehari – hari anda. Kebutuhan serat harian seseorang adlah 25 – 30gr per hari, serat pada satu buah alpukat yaitu sebesar 13 gr per buahnya. Tentunya adalah hal yang mengagetkan jika buah alpukat dijadikan sebagai rajanya serat di kategori jenis buah bukan?

Peran serat sendiri memiliki berbagai fungsi dalam menjaga asupan makan dan membantu program penurunan berat badan. Fungsi serat sendiri dalam tubuh dapat membantu penyerapan lemak tubuh dan menurunkan berat badan, selain itu juga dapat memperlama proses pengosongan sistem pencernaan sehingga dapat tetap merasa kenyang untuk waktu yang lama, serat pada buah dan sayur juga akan memberikan rasa yang cepat kenyang dan membuat kita untuk tidak makan  makanan yang berlebihan

3.      Memiliki Kandungan Kalium yang lebih banyak ketimbang Pisang


Hal menarik lainnya dari buah alpukat adalah selain tinggi serat, alpukat juga ternyata memilki kandungan kalium yang tinggi bahkan lebih tinggi daripada buah pisang.

Kalium pada buah satu buah alpukat yaitu 974.9 mg sedangkan pisang ukuran besar ‘hanya’ memiliki kandungan kalium sebesar 486.9 gram


Kalium bersamaan dengan natrium memiliki hubungan yang pentingn dalam hal keseimbangan cairan tubuh dan sel dan salah satu pengaruhnya adalah ke tekanan darah. Telah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa kalium memiliki fungsi dalam membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah pada seseorang. Konsumsi tinggi kalium ditambah dengan rendah garam dapat menurunkan dan menjaga seseorang dari tekanan darah tinggi.

Alpukat merupakan rajanya serat dikalangan buah, karena memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Terdapat satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi alupukat yaitu kandungan energi, ketika konsumsi alpukat untuk cukupi kebutuhan seratm, asupan energi dari alpukat juga perlu diperhatikan karena alpukat memiliki kandungan energi yang tinggi yaitu sekitar 322 kkal per buahnya.

Alpukat menjadi sang Rajanya serat ? sepertinya tidak berlebihan jika kita membandingkan serat pada berbagai macam buah – buahan, karena nayatanya kandungan serat untuk satu buah alpukat itu sangat tinggi dibandingkan buah – buahan lain.

Bagaimana ? apakah anda sedang melaksanakan pengaturan diet sehat dan ingin mencukupi kebutuhan serat harian anda? Alpukat dapat dijadikan sebagai asupan buah yang dapat mencukupi kebutuhan serat anda setiap harinya dengan mudah, jadi tunggu apa lagi ? ayo segera konsumsi si rajanya serat ini. Silahkan berikan jawaban anda pada kolom komentar yang ada dibawah. Jika ada yang ingin ditanyakan maka dengan senang hati kami akan menjawabnya.

Sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa subscribe email dan like fans page kami untuk mendapatkan infomrasi terkini dari Dee Nutritions Blog . Sekian dan terimakasih




Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language