5 (Lima) Jenis Buah – Buahan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Saturday, October 7, 2017

5 (Lima) Jenis Buah – Buahan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan



-          Menjadi Gemuk di Jaman Sekarang Sangatlah Mudah



Menjadi gemuk saat ini sangatlah gampang, sudah terdapat berbagai macam hal yang membuatmu dapat menjadi gemuk dengan mudah dan pengaruh teknologi yang semakin membuat kita untuk diam di tempat dan tidak beraktivitas fisik selama berjam – jam. Contohnya, seperti pertumbuhan restoran cepat saji semakin tumbuh dengan pesat dan semakin digemari oleh orang – orang, banyak orang yang tidak tahu bahwa fast food kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih.

Konsumsi fastfood atau junkfood dapat menyebabkan terjadinya kelebihan asupan energi yang masuk karena fastfood dan junk food adalah makanan tinggi energi yang jika dikonsumsi secara banyak dan berlebih dapat menimbulkan kegemukan. Selain konsumsi fastfood dan makanan tinggi energi lainnya yang berlebih terdapat berbagai macam kegiatan yang membuat kita untuk tidak beraktivitas fisik selama ber jam – jam, sebut saja transportasi yang semakin beragam yang memudahkan dan menghidarkan kita untuk berjalan kaki, bermain games atau social media selama ber jam – jam di laptop, playstation atau di smartphone anda setiap hari dan dilakukan secara terus menerus dan berujung pada penurunan aktivitas fisik dan energi yang dikeluarkan pun menjadi sedikit.  kegiatan – kegiatan diatas tersebut dapat .

Tingginya asupan energi yang diakibatkan dari konsumsi makanan tinggi energi secara berlebihan ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik dan tingginya kegiatan sedenter akan menyebabkan kita kegemukan.

-          Pengaturan Diet Sehat Mulai Dilakukan Untuk Menurunkan Berat Badan


Orang – orang yang mengalami kegemukan yang tersadar ingin menjadi kurus, pasti akan memilih untuk melakukan program penurunan berat badan yang mana diharuskan untuk melakukan pengaturan diet sehat. Pengaturan diet yang dilakukan untuk dapat menurunkan berat badan adalah pengaturan terhadap asupan energi dan asupan zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Pengaturan – pengaturan asupan makanan untuk dapat menjaga agar tidak mengalami kelebihan asupan energi dan mencukupi seluruh kebutuhan zat gizi baik makronutrien (karbohidrat, protein dan lemak), mikronutrien (vitamin, mineral, vitamin like compound), air dan serat.

Konsep pengaturan diet sehat sebenarnya ada banyak dasarnya, jika di Amerika dapat digunakan konsep Food Pyramid, di Indonesia sendiri terdapat konsep pengaturan diet yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI untuk dapat digunakan oleh orang Indonesia, yaitu  prinsip Tumpeng Gizi Seimbang. Terdapat beberapa aturan yang disarankan untuk dapat memenuhi segala jenis kebutuhan zat gizi seseorang, salah satu anjuran diet sehat adalah konsumsi buah yang cukup untuk setiap harinya. Berdasarkan Tumpeng Gizi Seimbang, konsumsi buah yang disarankan untuk orang Indonesia setiap harinya adalah 2 – 3 jenis buah setiap hari.

 -          Konsumsi Buah untuk cukupi Kebutuhan Serat Setiap Hari


Tahukah anda ? Serat merupakan zat gizi dari golongan karbohidrat, serat termasuk kedalam karbohidrat kompleks. Serat dapat ditemukan di sebagian besar tumbuhan oleh karena itu buah dan sayur merupakan sumber serat utama untuk seseorang. Serat mempunyai perbedaan dengan jenis karbohidrat kompleks lain, karena serat tidak dapat dimetabolisme dan didigesti (diproses) oleh enzim pencernaan yang membuat serat tidak atau hanya memberikan sedikit energi ketika dikonsumsi.

Serat dibagi menjadi kedalam 2 kelompok, yaitu soluble dan insoluble dimana serat soluble adalah serat yang akan terurari oleh air dan akan membentuk semacam gel. Serat soluble mempunyai kaitan dengan menjaga seseorang dari penyakit jantung dan diabetes dengan cara menurunkan level kolesterol dan gula darah. Berbeda dari serat soluble, insoluble berarti serat tersebut tidak larut air dan tidak membentuk gel. Serat insoluble memilki hubungan dengan pergerakan usus dan meredakan konstipasi.

Fungsi serat sendiri dalam tubuh dapat membantu penyerapan lemak tubuh dan menurunkan berat badan, selain itu juga dapat memperlama proses pengosongan sistem pencernaan sehingga dapat tetap merasa kenyang untuk waktu yang lama, serat pada buah dan sayur juga akan memberikan rasa yang cepat kenyang dan membuat kita untuk tidak makan  makanan yang berlebihan

Buah merupakan salah satu makanan yang merupakan sumber micronutrient seperti vitamin dan mineral, namun selain itu buah juga Bersama sayur memiliki kandungans serat yang tinggi karena serat hanya ditemukan pada tumbuhan. Sebagai sumber serat utama Bersama dengan sayur,  buah akan membantu anda mencukupi kebutuhan serat sehari – hari. 


Dari sekian banyak buah, tentunya terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya, pada kesempatan kali ini akan diberikan 5 jenis buah yang sering dikonsumsi orang Indonesia yang memilki kandungan serat yang tinggi, yaitu:

1.      Buah Alpukat


Buah alupkat adalah buah yang sudah sering di konsumsi banyak orang, termasuk orang Indonesia. Kandungan serat per buah alpukat sangat tinggi yaitu 13 gram dan untuk per 100 gramnya sekitar 7 gr serat. Sekali makan buah alpukat dapat mencukupi hampir 50% kebutuhan serat setiap harinya, namun ada yang perlu diperhatikan dari buah alpukat yaitu buah alpukat memilki kandungan energi yang cukup tinggi untuk kategori buah yaitu sebesar 322 kalori per buah, jadi jika anda mengonsumsi 2 buah alpukat dalam satu hari anda sudah mengonsumsi 1 kali makan besar dan sudah mencukupi lebih dari 80% kebutuhan serat per hari.

2.      Jambu Biji


Jambu biji selain tinggi vitamin C juga tinggi kandungan serat, oleh karena itu kita sering melihat daun jambu biji dijadikan ekstrak untuk mengatasi permasalahan konstipasi atau diare pada seseorang. Pada 1 buah jambu biji terdapat serat sebanyak 3 gr, dan per 100 gr nya memiliki kandungan serat sebanyak 5.4 gr.

3.      Buah Pear


Buah yang menyegarkan ketika dimakan ini selain memilki kandungan air yang banyak, juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu mencukupi kebutuhan serat seseorang. Pear memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, terdapat sekitar 5.5 gr serat per satu buah pear, sedangkan terdapat 3.1 gr serat pada 100 gr buah pear.

4.      Buah Apel


Satu buah apel setiap hari dapat menauhkan dari kita dari dokter, munkin slogan ini sering terdengar. Apel memiliki berbagai macam kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh salah satunya adalah kandungan serat yang terbilang cukup tinggi. Buah ini tentunya sering kita jumpai dan sering kita konsumsi juga, ternyata kandungan serat pada buah apel cukup tinggi juga. Untuk satu buah apel terdapat sekitar 4.4 gr serat dan 2.4 gr serat per 100 gr buah apel.

5.      Buah Pisang


Buah bertekstur lembut dan manis ini juga tak kalah dalam memberikan serat untuk seseorang yang mengonsumsinya. Untuk satu buah pisang berukuran normal terdapat 3.1 gr serat, sedangkan per 100 gr buah pisang terdapat 2.6 gr serat.

-          Tambahan :

Jeruk memiliki kandungan serat yang cukup tinggi juga yaitu sekitar 3.1 gr per 1 buah jeruk berukuran normal sedangkan untuk 100 gramnya terdapat 2.4 gr serat.

Bagaimana ? apakah anda sudah mengonsumsi buah – buah diatas atau anda baru mengetahuinya ?  silahkan berikan jawaban anda pada kolom komentar yang ada dibawah. Cukupilah konsumsi serat anda melalui buah - buah diatas untuk dapat membantu menurunkan berat badan anda dan menyukseskan program penurunan berat badan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan maka dengan senang hati kami akan menjawabnya.

Sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa subscribe email dan like fans page kami untuk . Sekian dan terimakasih
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language