5 (Lima) Jenis Buah Tinggi Vitamin C untuk Jaga Tubuhmu Setiap Hari ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Friday, October 6, 2017

5 (Lima) Jenis Buah Tinggi Vitamin C untuk Jaga Tubuhmu Setiap Hari



Pernah mengosumsi jeruk ? sering mengonsumsi jeruk ? pastinya jawabannya adalah ia, jeruk adalah salah satu buah pasaran yang digemari oleh orang – orang di Indonesia karena rasanya yang manis namun agak masam. Sering mengonsumsi jeruk mempunyai efek untuk dapat menjaga kekebalan tubuh ? Dipandang dari kacamata gizi, ini dikarenakan buah jeruk memiliki kandungan zat gizi vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin C sehari – hari anda. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan terjadinya beberapa masalah, yang sering terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin C adalah sariawan di mulut.



-          Vitamin C, Mikronutrien sebagai Antioksidan


Vitamin C merupakan zat gizi mikronutrien yang artinya hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit dalam tubuh, namun jangan salah sangka walaupun mikronutrien dibutuhkan dalam jumlah sedikit, asupannya harus tetap dipenuhi setiap harinya karena kekurangan sedikit saja akan dapat menyebabkan gangguan. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang berarti vitamin C ketika diekresikan bersamaan dengan urin kita (makanya sering didapatkan bahwa ketika kita mengonsumsi suplemen zat gizi secara langsung, terkadang air seni kita menjadi lebih berwarna kuning pekat.


Vitamin C merupakan salah satu jenis zat gizi yang mempunyai fungsi dalam menjaga kekebalan tubuh, karena vitamin C merupakan salah satu antioksidan dalam tubuh dan menjaga sel – sel dalam tubuh dari radikal bebas, radikal bebas merupakan molekul yang memilki electron yang tidak berpasangan sehingga membuatnya tidak stabil dan sangat reaktif. Fungsi vitamin C dalam menjaga tubuh seseorang dari terjadinya stress oksidatif yaitu dengan memberikan  atau mengorbankan electron yang dimiliki vitamin C untuk radikal beba sehingga radikal bebas yang berkeliaran menjadi molekul yang stabil dan molekul – molekul yag ada di dalam tubuh akan tetap terlindungi dari radikal bebas.


Oleh karena itu, pengonsumsian dan kecukupan vitamin C haruslah mencukupi untuk dapat menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Fungsi lain vitamin C adalah sebagai collagen dalam pembentukan matrix tulang dan gigi, collagen juga berfungsi sebagai ‘lem’ ketika terjadinya luka yang dapat dilihat seperti bekas luka. Rekomendasi vitamin C untuk seseorang bermacam – macam tergantung golongan usia seseorang



-          5 Buah dengan Kandungan Vitamin C yang Tinggi


Kembali ke Buah jeruk lagi, Di Indonesia sendiri jeruk mempunyai kaitan yang erat dengan vitamin C, karena orang – orang juga banyak bahwa sumber vitamin C paling baik adalah berasal dari jeruk. Banyak orang yang selalu mengaitkan antara vitamin C dengan jeruk, seakan akan jeruk adalah satu – satunya buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi. Pertanyaannya sekarang apakah Apakah benar bahwa jeruk adalah sumber vitamin yang paling tinggi ? ternyata jawabannya adalah tidak, terdapat beberapa makanan lain yang sering di konsumsi oleh orang - orang Indonesia yang tanpa disadari memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Dibawah ini terdapat beberapa buah yang sering dikonsumsi orang – orang Indonesia yang memilki kandungan zat gizi vitamin C tinggi :



1.      Buah Jambu Biji



Bersiaplah terkejut, bukan jeruk yang memiliki kandungan vitamin c tertinggi pada buah, namun melainkan buah jambu biji. Jambu biji memiliki kandungan sebesar 377 mg per vitamin C per cup jambu biji, untuk satu buah jambu biji akan memberikan vitamin C sebesar 125.6 mg sedangkan per 100 gr nya akan memberikan vitamin C sebesar 228.3 gr kajumlah kandungannya 3 kali dari asupan vitamin c yang direkomendasikan untuk seseorang. Tentunya Buah jambu biji dapat dijadikan sebagai buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi per 100 gr nya maupun per sajian per cup



2.      Buah Pepaya



Untuk satu buahnya sendiri, papaya akan memberikan vitamin C sebesar 475.6 mg, namun untuk 100 gr per sajian makan buah papaya hanya memberikan vitamin C sebsar 60.9 mg. Setengah potong buah papaya memilki kandungan vitamin C sebesar 238 mg yang akan langsung mencukupi kebutuhan harian anda ketika anda mengonsumsinya. Pepaya merupakan salah satu buah yang juga terkenal di konsumsi oleh banyak orang di Indonesia



3.      Buah Jeruk


Satu  buah jeruk ukuran besar memiliki kandungan vitamin C sebesar 97.9 mg sedangkan per 100 grnya sendiri akan memberikan vitamin C sebesar 53.2 mg. ini tentunya membuktikan bahwa jeruk bukanlah buah dengan kandungan zat gizi vitamin C tertinggi. Masih terdapat banyak buah yang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi lagi.


4.      Buah Nanas


Nanas merupakan salah satu buah musiman yang juga sering dikonsumsi oleh orang Indonesia, khususnya dibuat sebagai selai untuk kue nastar ketika hari raya datang. Satu (1) buah nanas memiliki kandungan vitamin C sebesar 432.6 mg, namun untuk 100 gr nya terdapat 47.8 mg vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C anda.


5.      Buah Mangga


Buah manga menempati posisi terakhir dimana untuk satu buah manga ukuran sedang hingga besar, memiliki kandungan vitamin C sebesar 122.3 mg, sedangkan per 100 gr buah manga akan memberikan vitamin C sebesar 36.4 mg


Bagaimana ? apakah anda sering mengonsumsi ke 5 buah diatas ? Jika sudah maka terus lakukan dan jika belum bisa dicoba untuk mengonsumsinya, pasti kalian akan menyukainya. Rekomendasi asupan buah per hari untuk seseorang ada 2 -3 buah per harinya, jadi jangan lupa untuk konsumsi buah – buah diatas untuk mendapatkan manfaatnya jika dikonsumsi setiap hari.


Sekian untuk artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan anda dapat langsung bertanya di kolom pertanyaan yang telah disediakan. Jangan lupa subscribe melalui email dan like fans page kami, karena itu sangat berarti bagi kami. Sekian dan terimakasih.
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language