Dee's Review: Is it still Reliable and Worth to Use Redmi Note 3 in 2017 (Indonesian) ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Rabu, 06 September 2017

Dee's Review: Is it still Reliable and Worth to Use Redmi Note 3 in 2017 (Indonesian)


Penulis merupakan pengguna Smartphone Android sebagai perangkat telekomunikasi utama di kesehariannya, jujur penulis menyukai Apple dan Iphone serta iOS namun tentunya kalian sudah tahu bahwa produk keluaran Apple tersebut memiliki harga yang fantastis bukan? Oleh karena itu saya memilih Android untuk saat ini. Sudah lebih dari 1 tahun penulis menggunakan Redmi Note 3 (Pro) 2016 dan terdapat banyak hal yang terjadi. Redmi Note 3 merupakan smartphone keluaran Xiaomi tahun 2016 yang bisa dikatakan sebagai smartphone yang booming di tahun 2016 dengan membawa spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang cukup terjangkau dibanding smartphone dengan spesifikasi sama (look at Sams*ng). Di Indonesia sendiri Redmi Note merupakan salahsatu smartphone Xiaomi pertama yang masuk secara resmi di Indonesia setelah sekian lama dan akhirnya saya memutuskan untuk membeli Xiaomi Redmi Note 3.

Secara garis besar dengan harga Rp. 2.599.000, smartphone ini memiliki spesifikasi yang mumpuni dan gahar serta harga yang jauh lebih murah dibandingkan smartphone dari competitor lain dengan spesifikasi yang sama. Redmi Note 3 juga merupakan smartphone yang booming di berbagai negara dan juga meningkatkan pamor Xiaomi sebagai pembuat Smartphone dengan spesifikasi mumpuni, Build Quality yang baik namun dengan harga yang murah.

Dibawah ini merupakan beberapa hal yang perlu diketahui tentang Xiaomi Redmi Note 3 :

1. Kapasitas baterai yang besar
Salah satu alasan saya kenapa saya membeli Xiaomi Redmi Note 3 adalah kapasitas baterai yang besar yaitu 4000 mAh, dengan 3G aktif sepanjang hari anda akan tetap mendapatkan smartphone yang tidak perlu di charge ulang sepanjang hari dan saya tidak perlu repot - repot membawa charger saya dan khawatir untuk menchargr smartphone saya karena takut habis. Mengaktifkan 4G tentunya akan lebih menguras baterai smartphone ini. Satu hal yang saya kurang suka dari Xiaomi adalah sampai sekarang optimisasi baterai pada MIUI 8 masih bermasalah sehingga walaupun kapasitas baterainya besar karena optimisasi manajemen baterai pada MIUI 8 yang kurang dan belum ditangani mengakibatkan baterai jauh lebih boros.

2. Layar yang besar
Ya Smartphone ini memiliki luas layar 5.5" Inchi, cukup besar untuk sebuah Smartphone, namun ukuran yang saya butuhkan karena saya tidak ingin membeli tablet pc untuk membuka dokumen - dokumen penting (namun saya berencana untuk.membeli Ipad di kemudian hari). Resolusinya juga tinggi yaitu Full HD (1920 x 1080) yang memang tengah trend pada tahun 2017 ini. Ini membuat penulis nyaman dalam membaca dokumen atau artikel dan menggunakan smartphone ini. Spesifikasi smartphone ini sendiri di 2017 masih terbilang mumpuni dan cukup untuk kebutuhan sehari- hari namun untuk kedepannya disarankan untuk membeli smartphone dengan jumlah ram dan memori internal yang lebih besar untuk menghindari lag yang dapag mengganggu penggunaan Smartphone anda.

3. Kamera yang Mumpuni Untuk Kebutuhan Sehari - hari
Bagi anda yang tidak suka berfoto - foto seperti saya dan tidak terlalu memfokuskan kualitas foto yang sangat baik dan spektakuler maka anda tidak akan terlalu peduli dengan kualitas kamera dan hasil kamera smartphone ini, namun bagi abda yang gemar foto atau merupakan seorang Photo Enthusiast mungkin akan sedikit kecewa. Smartphone ini tidak memiliki fitur OIS ataupun EIS yang meruapakn fitur penting dalam kamera smartphone untuk menghasilkan gambar video yng jelas stabil dan tidak goyang, sensor dan bukaan kamera ini juga terhitung standar. Untuk smartphone dengan budget standar tentunya Xiaomi harus ada yang dikorbankan kan ? Selain itu kurangnya Xiaomi dalam memperbaiki dan meningkatkan software dan algoritma pada smartphone ini juga membuat kualitas hasil kamera yang terhitung standar.
Pendapat saya tentang kamera smartphone ini sudah cukup, Saya menggunakan kamera untuk memfoto dokumen - dokumen penting, memfoto aktivitas penelitian, serta kamera depan untuk video call. Terkadang saya menggunakan smartphone ini untuk memfoto pemandangan atau sesuatu yang bagus, dan untuk mendapatkan hasil yang baik saya hanya perlu menghidupkan HDR pada kamera dan sedikit fokus agar mendapatkan hasil foto yang baik. Saya tentunya tidak terdapat masalah yang cukup berarti pada kamera ini.

3. Lag yang mulai terasa
Walaupun smartphone ini memiliki prosesor yang baik namun saya memiliki keterbatasan di jumlah ram yang hanya 2 GB dan memori internal yang hanya 10 GB. Android memiliki kekurangan karena semakin banyak aplikasi yang terbuka yang menggunakan ram di ponsel dan semakin sedikit ruang penyimpanan internal ponsel maka akan mengakibatkan adanya lag yang terjadi ketika menggunakan ponsel ini. Penulis sering mengalami hal tersebut, olrh karena itu saya rutin menghapus data - data dan cache yang tidak berguna sehingga ram dan penyimpanan internalnya tidak memasuki batas kritis, serta rutin menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan dan melakukan refresh RAM. Selebihnya saya sangat menikmati menggunakan smartphone ini karena cukup cepat dan responsif.
5. Dukungan Update Android yang sudah dihentikan oleh Xiaomi
Jika kalian update di forum Xiaomi, Xiaomi tidak lagi akan mengupdate versi Android pada Smartphone ini dan kemungkinan besar Redmi Note 3 (Pro) hanya akan sampai Android 6.0 Marshmallow, namun Xiaomi mengatakan Redmi Note 3 masih dapat update MIUI 9. Walau begitu, Saya cukup kecewa karena seharunya Redmi Note 3 baru berusia 1 tahun dan masih dapat mencicipi setidaknya Android 7.0 Nougat, ditambah lagi Smartphone ini juga yang membuat Xiaomi booming dan terkenal, tentunya saya mengharapkan hal tersebut. Android 7.0 Nougat juga memberikan updste dan fitur yang signifikan dibanding Marshmallow dan saya sangat berharap Xiaomi mengupdate ke versi Nougat. Kemungkinan lain jika Xiaomi tidak mengupdatenya mungkin saya akan melirik OS lain seperti Lineage OS yang mendukung Redmi Note 3 hingga versi Android terbaru yaitu 8.0 Oreo, namun untuk saat ini saya akan tetap pada MIUI 8.0 dengan Android Marshmallow.

Kesimpulan

Mungkin diatas merupakan beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai landasan apakah Xiaomi Redmi Note 3 (Pro) pada tahun 2017. Smartphone ini masih tidak kalah saing dengan smartphone h smartphone lain yang keluar pada tahun 2017 atau awal 2018 sekalipun. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang masih terbilang baik. Walaupun Xiaomi tidak mendukung untuk mengupdate versi Android ke yang lebih baru namun kita sudah tahu bahwa Android merupakan sistem open source yang dimana terdapat OS Android lain yang dapat digunakan untuk Smartphone ini, dan ditambah betapa baiknya spesifikasi dan populernya Smartphone ini, saya tentunya berharap ean bernafas lega karena developer lain seperti Lineage OS akan terus beri dukungan ke Redmi Note 3 hingga setidaknya ke versi Android 9.0 atau bahkan Android 10 pada tahun 2018 atau 2019, namun perlu diingat bahwa merubah OS perlu pengetahuan yang cukup tentangnya dan cara yang cukup rumit untuk orang - orang secara umum.
Saran saya adalah jika anda memiliki Redmi Note 3 dan berencana untuk mengupgrade ke smartphone lain, saya sarankan untuk menunggu 1 tahun lagi hingga 2018 dan beli smartphone baru pada tahun 2018 karena menurut saya smartphone ini masih cukup layak digunakan hingga setidaknya pertengahan tahun 2018.
Sekian dari saya, tunggu artikel - artikel selanjutnya hanya di Dee Nutritions

















Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language