Obesitas Sentral dan Bahaya Perut Buncit Bagi Seseorang ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Saturday, September 30, 2017

Obesitas Sentral dan Bahaya Perut Buncit Bagi Seseorang


Tahukah anda bahwa perut buncit memiliki dampak yang tidak baik bagi seseorang ? Perut buncit memiliki kaitan dengan obesitas sentral (penimbunan lemak abdomen atau perut berlebih) dan meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabaters dan kardiovaskular (penyakit jantung, aterosklerosis (plak pada pembuluh darah), stroke)) dan bahkan kematian.

“Lingkar Perut mempunyai kaitan dengan terjadinya obesitas sentral dan penyakit terkait obesitas sentral pada seseorang”

Lalu sebenarnya perut ‘buncit’ seperti apa yang dikategorikan sebagai indicator terhadap obesitas sentral dan meningkatkan terjadinya penyakit kardiovaskular pada seseorang ? Untuk dapat mengetahuinya dapat digunakan pengukuran lingkar pinggang yang cukup praktis. Lingkar pinggang seseorang dapat dijadikan sebagai indicator distribusi lemak abdomen dan obesitas sentral baik untuk pria maupun wanita. Secara umum, wanita yang memiliki lingkar perut lebih dari 80 cm dan pria yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 90 cm memiliki risiko yang tinggi untuk terkena masalah kesehatan yang berhubungan dengan obesitas sentral seperti diabetes, dan penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung, tekanan darah tinggi, aterosklersosis (plak lemak pada pembuluh darah), stroke). Semakin besar lingkar pinggang seseorang semakin meningkatkan risiko terkena penyakit – penyakit tersebut dan meningkatkan mortalitas dan morbiditas seseorang. Sebenarnya terdapat cara lain untuk digunakan sebagai indicator obesitas sentral namun pengukuran lingkar pinggang juga sudah cukup untuk dijadikan sebagai indicator untuk mengetahui apakah seseorang memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit terkait obesitas sentral.1

Untuk dapat mengukur lingkar perut secara benar terdapat tiga macam cara, namun cara yang paling mudah dan cepat digunakan adalah mengukur lingkar perut melalui tengah – tengah pusar kita. Dibawah ini adalah cara untuk mengukur lingkar perut (Dibutuhkan 2 orang untuk melaksanakan pengukuran lingkar perut atau jika sendirian bisa menggunakan bantuan kaca)

1. Siapkan pengukur lingkar pinggang (bisa menggunakan meteran pakaian)
2. Berdirilah tegak, Lepaslah atau angkat pakaian yang menutupi perut ke bagian atas badan agar tidak menutupi bagian perut yang akan diukur
3. Pengukur jongkok dan berada kepal sejajar dengan perut yang diukur atau jika sendirian berdiri sejajar di depan kaca yang panjang yang dapat merefleksikan tubuh anda atau bagian perut anda
4. Metode paling cepat untuk ukur lingkar perut adalah melalui pusar, lingkari perut 360 derajat dan melewati tengah – tengah pusar, perhatikan apakah pengukuran sudah lurus dan tidak miring pengukurnya (Jika dibantu ada yang mengukur maka pengukur bisa melihat apakah sudah lurus atau masih miring, jika sendirian coba dilihat melalui refleksi kaca dengan cara menghadap kaca dan berputar untuk melihat apakah sudah lurus pengukurannya.
5. Pengukuran dilakukan minimal sebanyak 2 – 3 kali pengukuran untuk meningkatkan akurasi dan presisi

Bagaimana? apakah perut kalian ‘buncit’ dan termasuk kedalam kategori berisiko terkena obesitas sentral ? Ukurlah lingkar perut anda apakah masih dibawah batas normal atau sudah melebihi, jika hampir mendekati atau bahkan melebihi anda harus merubah pola makan dan pola hidup jika ingin mengecilkan perut anda. Bagaimana cara mencegah terjadinya perut buncit ? utamanya adalah perubahan gaya hidup dan pola makan menjadi baik dan sehat setiap harinya. Olahraga yang direkomendasikan untuk seseorang adalah minimal 60 menit per hari. Melaksanakan olahraga rutin dan konsumsi makanan secara baik seperti cukupi asupan energi dan makan tidak berlebih, konsumsi lemak dikurangi, perbanyak asupan serat dari buah dan sayur2.

Sekian untuk artikel kali ini, terimakasih telah berkunjung di Dee Nutritions Blog, Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang ada dibawah. Jangan Lupa subscribe email dan like fans page Dee Nutritions. Terimakasih.

Daftar Pustaka :
1. Whitney E, Rolfes SR. Understanding Nutrition [Internet]. Cengage Learning; 2010. (Available Titles CourseMate Series). Available from: https://books.google.co.id/books?id=LhSLKVmauGoC
2. Majors MR. Dietary Habits and Knowledge of College Age Students. 2015;













Share:

2 comments:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-ikan-mas/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama, terimakasih atas kunjungannya...

      Delete

Change Language