Mempercantik Tampilan Desktop Menggunakan Rainmeter Desktop ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Tuesday, September 26, 2017

Mempercantik Tampilan Desktop Menggunakan Rainmeter Desktop


Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna Windows 7 masihlah merajai presentase penggunaan bagi antara versi – versi Windows lain ataupun sistem operasi lainnya. Bahkan versi Windows terbarupun yaitu Windows 10 yang memang ditujukan untuk menggantikan posisi Windows 7 (dan Windows 8), masih belum bisa menyaingi dan menurunkan presentase penggunaan Windows 7 di seluruh dunia.

“Windows Desktop Widget adalah fitur bagus yang dirindukan di Windows 10”

Mari ke pokok pembahasan, jika anda pernah menggunakan Windows 7 pasti anda kenal dengan Windows Desktop Widget. Ya, fitur ini adalah fitur yang terdapat di Windows 7 yang mempunyai fungsi untuk mempercantik tampilan desktop dan juga memberikan berbagai informasi terkait Windows PC kita seperti tanggal, jam, baterai penggunaan resources hardware, dsb,. Penulis sendiri dulu menyukai adanya fitur ini dan berharap bahwa fitur ini dibawa ke versi Windows selanjutnya, namun ternyata tidak demikian. Microsoft sepertinya tidak sependapat dan akhirnya mematikan fitur ini di versi Windows selanjutnya. Bagi anda pengguna yang melakukan upgrade ke versi Windows terbaru (Windows 10) dari versi lama (termasuk penulis) juga rindu dengan fitur ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk bisa memasang widget dan mempercantik tampilan Desktop anda dapat menggunakan Rainmeter Desktop

Apa itu Rainmeter Desktop
Secara mendasar, Rainmeter Desktop merupakan program yang mempunyai fungsi yang sama dengan Windows Desktop Widget, yaitu memberikan Widget di Desktop anda. Seingat penulis, Rainmeter sudah terdapat sejak dahulu, bahkan saat baru ada Windows Xp Rainmeter sudah ada dan sampai sekarang terus diupdate secara konsisten. Walaupun secara dasar sama namun, Rainmeter Desktop tentunya jauh lebih baik ketimbang Windows Desktop Widget, seperti memiliki fitur yang lebih lengkap dan baik, masih tetap diberikan update oleh pengembang, dukungan komunitas yang baik dengan memberika skin yang jauh lebih banyak dibandingkan Windows Desktop Widget, dan tentunya programnya gratis dan skin – skin yang diberikan juga gratis.

Menginstall Rainmeter Desktop di Windows PC
Dibawah ini adalah cara untuk menginstall dan mengatur Rainmeter Desktop di Windows PC anda :

1. Pergilah ke website Rainmeter untuk mendownload program Rainmeter Desktop
2. Setelah di download, Install Rainmeter Desktop di PC anda
3. Setelah install selesai, jalankan program Rainmeter Desktop
4. Ketika Rainmeter pertama kali dijalankan, Rainmeter memberikan tema default bernama Illustro yang langsung akan memberikan Widget – Widget simple di Desktop anda.
5. Jika anda ingin menambahkan skin lain, anda harus mendownload skin pack di internet
- Ketik di Search engine “Download Rainmeter Skin Pack” dan download Skin Packnya (ekstensi filenya .rmskin)
- Setelah selesai download, install Rainmeter Skin Packnya, setelah itu Skin Pack yang diinstall akan secara otomatis terdapat di skin list di pengaturan Rainmeter
6. Masuk ke pengaturan Rainmeter dengan mengklik icon Rainmeter di Notification Icon di Taskbar, icon rainmeter berbentuk titik air (isn’t it obvious ?)


7. Anda bisa mengganti tampilan rainmeter dengan mengubah Layout Theme di pengaturan Rainmeter
- Buka Setting Rainmeter, klik tab Layouts, setelah itu di Saved Layouts pilih mana yang ingin digunakan

8. Jika anda ingin berkreasi sendiri, anda bisa menambahkan atau bahkan mencampur beberapa widget dari skin pack berbeda di desktop anda
- Klik kanan icon rainmeter di notification icon list, klik skin, pilih skin mana yang diinginkan dan pilih widget dari skin tersebut yang ingin ditampilkan di desktop
9. Setelah semuanya selesai, anda bisa mengorganisir atau mengatur letak dari widget sesuai keinginan anda
10. Widget di Windows pun kembali dan Desktop anda menjadi lebih cantik dari sebelumnya
- Perlu diingat juga, seperti program lain, Rainmeter juga menggunakan resource hardware di PC anda terutama CPU dan RAM, Widget yang terlalu banyak dapat meningkatkan penggunaannya jadi perlu diperhatikan.

Keputusan Windows untuk tidak meneruskan dan menghilangkan Windows Desktop Widget di versi Windows terbaru setelah Windows 7 adalah hal yang menurut penulis sangat disayangkan, karena Desktop Widget mempunyai berbagai manfaat yang baik seperti mempercantik tampilan desktop dan juga memberikan informasi – informasi dasar yang mungkin kita butuhkan, namun no more feeling upset, karena sudah ada penggantinya yaitu Rainmeter Desktop yang tentunya memberikan berbagai fitur dan kelebihan yang lebih baik dibandingkan Windows Desktop Widget. Bagaimana ? Rindu dengan Widget di Desktop anda ? Ingin mempercantik tampilan Desktop anda ? Gunakanlah Rainmeter Desktop sekarang juga ?

Sekian dulu tips dari Dee Nutritions Blog, terimakasih telah membaca dan berkunjung ke blog ini, jangan lupa Subcribe Email dan follow akun kami. Jika ada yang ingin ditanyakan, feel free to ask in the comment below. Terimakasih.






















Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language