Kenapa Laptop Kita Semakin Lama Semakin Lambat ? ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Senin, 25 September 2017

Kenapa Laptop Kita Semakin Lama Semakin Lambat ?


Siapa yang menyukai ketika Laptop anda berjalan sangat lambat ? Membuka aplikasi atau dokumen menjadi sangat lama ? Jawabannya tidak ada, tidak ada orang yang menyukai komputernya berjalan sangat lambat, membuka aplikasi atau dokumen sangat lama, kadang mengalami macet atau yang paling parah menyebabkan hang atau crash aplikasi setelah menunggu sangat lama.

“Tidak ada yang menyukai laptop/pc yang menjalankan PC sangat lambat atau menyebabkan hang”

Mungkin dari kita (bahkan penulis sekalipun) menyadari bahwa kecepatan laptop kita ketika masih baru dan ketika sudah lama digunakan akan sangat berbeda ? apalagi bagi yang memiliki PC atau laptop yang memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Sebenarnya apa yang dapat menyebabkan Laptop kita semakin lambat ?

Dibawah ini merupakan beberapa alasan yang dapat menyebabkan PC anda menjad lambat ? (OS yang digunakan dalam tips ini adalah Windows, namun secara garis besar alasan dibawah juga berlaku bagi OS lain.)

1. Cek Spesifikasi Laptop/PC anda
Spesifikasi PC sangat mempengaruhi kecepatan sebuah PC, semakin baik spesifikasi yang dimiliki sebuah PC maka semakin baik dan cepat pula kecepatan sebuah laptop dan semakin rendah kejadian lag atau stutter atau bahkan hang. CPU, RAM dan HDD mempunyai peranan penting dalam penggunaan PC. Jika anda merasa bahwa CPU, RAM dan HDD anda sudah baik atau spesifikasi tinggi, maka kejadian lag tidak akan atau akan sangat jarang terjadi. Jika anda memiliki laptop/pc yang memiliki spesifikasi cukup dan tidak terlalu tinggi (silahkan lanjut ke bawah.)

Saran : Jika anda mempunyai budget yang banyak anda bisa membeli laptop/pc dengan spesifikasi yang tinggi, namun jika anda memiliki budget yang cuku atau bahkan rendah, solusinya adalah mengupgrade spesifikasi dari CPU/RAM/HDD pc anda (Laptop hanya bisa diganti RAM dan HDD)

2. Banyak Aplikasi atau program yang diinstall berjalan di background
Banyaknya aplikasi atau program – program yang diinstal dan berjalan di background akan mempengaruhi peforma laptop/PC anda, semakin banyak anda menginstall aplikasi semakin besar juga penggunaan resource hardware pada laptop/pc anda dan kemungkinan besar juga semakin besar program/services background yang berjalan.
Hal ini akan mengakibatkan beberapa hal :
- Penggunaan RAM yang semakin tinggi
Anda bisa melihat spesifikasi anda di task manager untuk melihat penggunaan ram yang digunakan pada PC anda secara realtime, anda bisa melihat apakah RAM yang digunakan oleh Program – program di PC anda tinggi atau tidak. Ketika anda menyalakan laptop anda dan langsung membuka Task Manager, jika penggunaan RAM diawal sudah tinggi maka dapat dikatakan bahwa terdapat banyak aplikasi/program/services yang berjalan di backgroung yang menyebabkan
- Mempersempit ruang penyimpanan yang tersedia
Saran : Hapuslah program – program yang sudah tidak atau sangat jarang digunakan, hapus program bloatware, disable program – program yang berjalan ketika Windows aktif melalui Task Manager.

3. Ruang Penyimpanan semakin sedikit
Ini adalah alasan lain kenapa laptop/pc anda semakin lambat. Jika anda sering menyimpan dokumen atau file – file di PC anda dan terus menumpuk yang mengakibatkan penyimpanan menjadi semakin kecil. Secara dasar semakin banyak file atau data yang ada dalam sebuah penyimpanan semakin lama juga proses read and write karena PC harus membaca dan memetakan semuanya. Alasan lain adalah spesifikasi dari penyimpanan anda sendiri

Saran : Hapuslah program/data/cache yang sudah tidak digunakan untuk meningkatkan penyimpanan yang tersedia di HDD anda, gunakan harddisk eksternal untuk menyimpan data – data tambahan anda jangan di HDD utama pada laptop anda.

Bagaimana ? Apakah laptop anda mulai terasa lambat ? Coba cek - cek melalui cara - cara diatas dan semoga bisa membantu masalahmu. Terimakasih telah berkunjung ke Dee Nutritions Blog, tunggu postingan selanjutnya hanya di Dee Nutritions Blog. Jangan Lupa untuk Subscribe dibawah ini, and feel free to comment














Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language