Membuat Presentasi Powerpoint yang Cantik dan Menarik ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Senin, 18 September 2017

Membuat Presentasi Powerpoint yang Cantik dan Menarik

Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu dan pernah membuat presentasi baik untuk keperluan presentasi laporan, tugas maupun seminar. Presentasi merupakan media yang dibutuhkan untuk mempermudah kita dan penonton dalam memahami informasi yang disampaikan dan diberikan dari pembicara ke penonton. Memang fokus penonton adalah pada presentator namun presentasi yang disajikan juga perlu diperhatikan baik itu konten dan desain presentasi. Penulis merupakan seorang mahasiswa yang bisa dikatakan hampir setiap hari harus melakukan presentasi dan membuat presentasi. Disamping pembawa presentasi yang harus lancar dan juga menarik ketika membawakan presentasi, Slide presentasi yang baik dan menarik dapat membantu dan meningkatkan perhatian penonton atau sasaran ke materi atau informasi yang kita sampaikan.
Dibawah ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakan dalam membuat presentasi Powerpoint yang baik sehingga dapat menarik penonton:

1. Tentukan Tema Slide Presentasi


Tema slide presentasi merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan dalam presentasi, presentasi haruslah sesuai dengan isi materi/informasi yang diberikan serta subjek yang melihat presentasimu, apakah formal atau harus semi formal setelah itu baru membuat presentasi sesuai apa yang anda inginkan. Kemudian tentukan template mana yang harus digunakan, Powerpoint biasanya akan memberikan kita pilihan dalam pembuatan presentasi di awal program. Penulis menyukai membuat presentasi yang simple dan flat karena dapat digunakan untuk semua keadaan.
clip_image002

2. Perhatikan Konten Slide Presentasi


Slide Presentasi yang simple dan menarik akan membuat penonton tidak bosan dan tertarik untuk mendengarkan presentasi kita. Konten dalam 1 slide presentasi tidak boleh terlalu penuh dengan kata – kata atau bahkan  paragraf yang terlalu panjang, coba gunakan poin – poin kalimat, serta fitur graphics, tabulasi atau Smart Art pada Powerpoint, serta gambar – gambar yang mendukung apa yang kita coba presentasikan. Ini lebih membuat presentasi menjadi lebih menarik dan penonton ingin melihat slide presentasi yang kita buat

image

3. Perpaduan Warna dan Background


Setelah itu warna dan background slie yang perlu diperhatikan, biasanya warna dan background slide pada presentasi akan sesuai dengan tema yang diberikan, namun kita dapat mengubahnya secara manual. Saran kali ini adalah dalam warna konten slide dan background slide haruslah serasi dan tidak dominan satu sama lain sehingga yang melihat dan membaca presentasi kita juga nyaman. Untuk warna yang digunakan dapat digunakan warna hitam untuk background terang dan warna putih untuk background gelap. Usahakan terdapat maksimal 3 – 4 warna dalam slide presentasi agar tidak terlalu ramai slidenya. (Perpaduan warna dapat di search di Google Images dengan keyword “Color Combo”)
image

4. Perhatikan Font yang digunakan


Font juga merupakan hal yang penting dalam pembuatan slide presentasi yang baik, usahakan terdapat maksimal 3 atau 4 jenis font dalam presentasi. Penggunaan font yang terlalu banyak dan beragam dalam slide presentasi dapat menyebabkan ketidak cocokkan antar font dalam slide presentasi
image

5. Pembawa Presentasi yang Lancar dan Menarik


Ya, slide presentasi merupakan media presentasi yang digunakan untuk membantu kita memberikan informasi/materi kepada para penonton atau sasaran yang melihat, namun sebagus apapun slide presentasinya akan sia – sia jika sang pembawa presentasi atau presentator tidak dapat membawakan presentasi dengan baik. Persiapan dan latihan presentasi perlu dilakukan agar ketika melakukan presentasi tidak terjadi kesalahan yang berarti atau membuat para penonton atau sasaran menjadi kurang tertarik dengan apa yang kita presentasikan

Nah itu adalah beberapa tips yang dapat digunakan ketika kita ingin membuat slide presentasi yang baik, sebenarnya prinsip dasar dalam pembuatan slide presentasi berbasiskan pada pembuatan sebuah desain grafis oleh karena itu prinsip – prinsipnya hampir sama. Sekian artikel tips kali ini, Terimakasih. Nantikan tips – tips selanjutnya hanya di Dee Nutritions Blog.
Terimakasih















Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language