Apa Itu Antioksidan Pada Makanan ? ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Minggu, 18 Juni 2017

Apa Itu Antioksidan Pada Makanan ?



Sebagian dari anda mungkin pernah mendengar yang namanya Antioksidan di berbagai macam media dan pengaruh atau manfaatnya bagi kesehatan. Namun sebenarnya apa itu antioksidan dan kenapa antioksidan penting bagi tubuh ? Pada artikel kali ini akan dibahas tentang antioksidan.
An antioxidant is a molecule that inhibits the oxidation of other molecules.
Antioksidan meripakan suatu molekul yang mempunyai fungsi dalam menghambat proses oksidasi dari suati molekul. Proses oksidasi sendiri merupakan reaksi kimia dalam tubuh yang hasil prosesnya adalah zat radikal bebas, yang dapat merusak sel – sel tubuh. Kenapa antioksidan penting ? Karena dengan adanya antioksidan sel – sel dapat terjaga dari kerusakan, meningkatnya zat radikal bebas dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan seseorang. Zaman sekarang ini sangat mudah untuk bisa mengonsumsi makanan yang tinggi kadar kandungan radikal bebas. konsumsi antioksidan dari sumber makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita agar dapat menjaga seseorang dari radikal bebas yang berlebihan.

Sebenarnya antioksidan alami yang diproduksi dalam tubuh, namun itu saja tidak cukup, dibutuhkan jenis – jenis antioksidan yang berasala dari sumber makanan. Contoh dari antioksidan sendiri adalah Vitamin C (Asam Askorbat), Vitamin E, dan Vitamin A yang dimana dapat dipenuhi dengan konsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan vitamin – vitamin tersebut. Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Konsumsi buah dan sayur yang direkomendasikan untuk seseorang setiap harinya adalah 2 – 3 jenis buah dan 3 – 4 jenis sayur. Konsumsi buah dan sayur yang cukup dapat mencukupi kebutuhan vitamin – vitamin yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang membuat tubuh dapat terjaga dari pengaruh radikal bebas yang berlebihan.

Oleh karena itu cukupi kebutuhan vitamin – vitamin antioksidanmu dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin dan hidup lebih sehat.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language