Tips - Tips Membeli Notebook/Laptop Baru ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Friday, June 16, 2017

Tips - Tips Membeli Notebook/Laptop Baru



Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini, PC bisa dijadikan sebagai kebutuhan primer untuk kita. Banyak pekerjaan – pekerjaan pada keseharian kita yang diharuskan untuk menggunakan PC untuk diselesaikan dan mempermudah pekerjaan kita. Ia memberikan manfaat yang jika digunakan dengan baik maka akan baik pula manfaat yang diberikan. PC kini sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Terdapat berbagai macam PC dan merk PC diluar sana yang membuat terdapat banyak sekali PC yang bisa anda pilih untuk anda. Jika anda ingin membeli PC, artikel ini akan memberikan beberapa tips yang dapat anda jadikan alasan untuk membeli PC yang kalian inginkan.

First of All : Siapkan Budget Anda (Then to The Next Step)

- Pilihan Sistem Operasi pada PC
Ini merupakan pilihan pertama yang harus dilakukan, sistem operasi apa yang anda pilih untuk PC anda? Terdapat berbagai macam sistem operasi untuk PC seperti Windows atau MacOS yang merupakan pemegang pangsa pasar terbesar pertama dan kedua, namun terdapat sistem operasi lainnya yang perlu anda ketahui seperti Linux, ChromeOS, Ubuntu, Android. Pemilihan sistem operasi akan memberikan pengalaman yang seperti apa yang akan kalian dapatkan nanti serta jenis dan merk PC yang ingin anda beli karena tiap – tiap sistem operasi PC akan memberikan pengalaman dan pilihan yang berbeda.
- Pilihlah jenis PC yang diinginkan


Terdapat berbagai macam jenis PC yang ada dipasaran, semakin berkembangnya jaman jenis – jenis PC terus bertambah dari computer, tablet PC, netbook, notebook, ultrabook, notebook-tablet hybrid dan laptop. Sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi anda, apa yang anda butuhkan dan nyaman untuk anda tentunya dengan berbagai macam pertimbangan – pertimbangan lainnya karena jenis – jenis PC tersebut memberikan pengalaman yang berbeda dan terdapat kelebihan dan kekurangan pada tiap – tiap jenis PC.(Komparasi jenis – jenis PC akan dibahas di posting lain)
- Pilihlah Brand atau merk PC yang kalian inginkan
Image result for asus or lenovo or dell or samsung
Tidak dapat dipungkiri bahwa brand PC juga harus dipilih ketika ingin membeli PC. Saat ini terdapat berbagai macam brand PC yang ada di pasaran. Sebut saja Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan masih banyak lagi brand – brand lainnya. Brand PC merupakan factor penting karena selain dari factor segi prestige nya, pemilihan brand juga akan mempengaruhi Build Quality Product, Garansi dan Pelayanan Service Center yang diberikan dari laptop yang ingin anda beli. Build Quality pada setiap brand berbeda – beda karena tiap brand mempunyai proses produksi dan pengujian produk yang berbeda – beda. Cermatlah dalam memilih brand yang akan dipilih, brand yang sering dipilih oleh orang – orang banyak belum tentu semua jenis PC yang dikeluarkan memiliki build quality yang sama dibandingkan yang sedikit dipilih, carilah informasi sebanyak mungkin dari brand – brand pc yang anda pilih.
- Spesifikasi PC yang diinginkan
Image result for laptop specs
Spesifikasi PC juga memiliki peranan penting dalam memilih PC yang ingin dibeli, spesifikasi PC dipengaruhi dengan jenis PC yang anda pilih tentu saja. Spesifikasi seperti jenis dan besar CPU, RAM, Harddisk, VGA, baterai dan OS biasanya yang paling dilirik ketika ingin membeli PC baru. Spesifikasi PC yang dipilih juga tergantung dari kegiatan apa yang anda sering lakukan pada PC anda. Normalnya, semakin tinggi spesifikasi PC dari PC yang ingin anda beli maka semakin baik pula peforma dari PC anda namun dengan konsekuensi harga yang juga semakin tinggi tentunya. Cek juga apakah PC yang anda pilih sudah terdapat sistem operasi yang terinstal didalamnya, apakah asli sistem operasinya dan pilih sistem operasi paling terbaru. Memilih laptop yang keluaran baru juga direkomendasikan bagi anda karena berarti dukungan bagi laptop tersebut juga bakal lebih panjang.
- Review PC yang diinginkan
image
Selanjutnya setelah melakukan tips – tips diatas adalah melihat Review PC yang ingin anda beli. Review PC diperlukan apakah PC yang kita pilih nanti memiliki peforma dan kualitas sesuai dengan apa yang kita inginkan. Review PC dapat dicari dan dilihat dari berbagai macam media dari media cetak hingga media digital. Sudah ada banyak macam blog, majalah, ebook dan video yang menawarkan review PC dari berbagai macam brand PC yang ada baik dengan Bahasa local atau Bahasa inggris. Oleh karena itu jangan lupa untuk melihat review dari PC yang anda pilih dan ingin anda beli. Review PC lain juga dapat dilakukan dengan membaca forum – forum dari jenis pc dan brand pc tersebut, apakah ada masalah yang terjadi pada orang – orang yang sudah membeli PC yang ingin anda beli. ini sangat penting karena akan menentukan apakah anda akan benar – benar membeli PC tersebut atau tidak.
- Perhatikan Garansi PC

Ini merupakan alasan yang penting, perhatikan apakah PC yang akan anda beli memiliki garansi apa. Saya tentu sangat menyarankan anda membeli PC yang mempunyai garansi resmi, bukan distributor atau bahkan yang tidak bergaransi. Fungsi garansi tentu saja untuk memberikan kemudahan bagi anda agar jika terjadi masalah – masalah pada laptop anda, terdapat garansi atau perlindungan yang diberikan dari produsen pembuat PC tersebut. Sebelum deal membeli PC, pastikan anda menanyakan garansi PC yang akan anda beli, cek logo garansi resmi (Acer dan Asus sepertinya ada logo jika itu garansi atau produk resmi mereka), atau bahkan cek serial number PC tersebut di web apakah bergaransi resmi atau tidak. Adanya garansi berarti memberikan anda perlindungan terhadap PC anda kalua – kalua terjadi masalah dikemudian hari.

Demikian tips – tips yang bisa saya berikan bagi anda yang ingin membeli PC namun bingung dalam harus menentukan PC yang diinginkan. Tips – tips diatas merupakan beberapa pengalaman yang berasal dari pengalaman pribadi penulis saat ketika ingin membeli PC. Sekian dan Terimakasih.


















Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language