Task Manager, Membantu Menyelesaikan Masalah PC mu ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Jumat, 16 Juni 2017

Task Manager, Membantu Menyelesaikan Masalah PC mu


Bagi anda pengguna Sistem Operasi (OS) Windows, pasti akan sangat akrab dengan Task Manager. Sesuai namanya, Task Manager merupakan sebuah aplikasi managerial yang berfungsi untuk memonitor, menginformasikan, dan menangani berbagai resources atau command pada Windows PC anda. Sejauh yang saya tahu, Task Manager merupakan program built-in yang ada pada produk Windows sejak dulu dan juga mengalami perkembangan seiring dengan upgrade OS Windows oleh Microsoft. Task Manager sejatinya merupakan program yang sangat berguna bagi semua kelompok pengguna Windows PC (dari pengguna biasa hingga professional). Pada artikel kali ini akan dibahas tentang Task Manager dan mengenal lebih dalam tentang Task Manager serta fungsi – fungsinya yang anda sadari atau tidak memang dapat membantu anda dalam pekerjaan anda sehari – hari.

- Fungsi Task Manager yang lengkap
Sebagai sebuah program sistem managerial, tentu Task Manager sudah dibekali berbagai macam fungsi yang lengkap. Fungsi dasar dari task manager yang sejak dulu ada adalah memberikan informasi secara realtime dan mengontrol berbagai hal aplikasi dan services yang berjalan, resource dari hardware yang digunakan (CPU, RAM, Harddisk, Network).

- Membantu Anda Ketika terjadi Hang Software atau terjadi masalah

Mungkin kata hang software merupakan alasan yang paling ‘banyak’ membuat kita membuka task manager. Mungkin sebagian besar dari anda (termasuk saya) pernah mengalami kejadian dimana software aplikasi mengalami crash namun tidak bisa di tutup (close), untuk orang awam mungkin ini akan menjadi dilemma tersendiri, namun bagi yang sudah tahu caranya, Task Manager merupakan cara yang efektif untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan membuka task Manager lalu membuka tab processes, kemudian klik kanan nama aplikasi atau software yang mengalami hang dan end process. Cara tersebut akan membantu memaksa aplikasi yang hang bisa di tutup.

- Memonitor Resources Hardware secara realtime

Fungsi dasar dari Task Manager yaitu dapat memonitor penggunaan berbagai macam hardware. secara dasar, OS akan mengambil resource hardware yang ada pada PC kita. Seberapa besar resource yang terpakai tergantung dari spesifikasi hardware dari PC kita, CPU/RAM/Harddisk/VGA yang digunakan akan menentukan resource yang digunakan. Fungsi dari task manager akan menunjukkan seberapa besar resource hardware tersebut digunakan, penggunaan cpu, cpu yang aktif, penggunaan ram, kecepatan read and write harddisk yang digunakan, kecepatan wifi atau Ethernet yang digunakan. Task manager juga akan menampilkan informasi terkait spek dari hardware yang kita gunakan

- Fungsinya ditingkatkan dari versi Windows sebelumnya

Sejarah Task Manager juga terus berkembang seiring dengan perkembangan Windows, oleh karena itu perkembangan Task Manager biasanya tergantung dari update besar dari Windows itu sendiri. Task Manager pada Windows 8 dan 10 berbeda dengan versi sebelumnya, ada fitur yang ditambah dan dilengkapi.

Task Manager sebagai aplikasi managerial built-in Windows yang memiliki berbagai kemampuan yang dapat diandalkan. Perkembangan task manager sejalan dengan perkembangan Windows itu sendiri. Keputusan Windows untuk melengkapi dan menambah fitur – fitur pada Task Manager di Windows 8 menjadi pilihan yang tepat karena sejak awal dirilisnya Windows, fitur task manager sangat sedikit sekali mengalami perubahan, dengan adanya fitur – fitur yang semakin lengkap membuat Task Manager menjadi sebuah aplikasi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh para pengguna Windows PC ketika mengalami masalah ketika menggunakan PC Windows mereka.












Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Change Language