Let’s Meet Cortana, Your Windows PC Assistant ! ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Friday, June 16, 2017

Let’s Meet Cortana, Your Windows PC Assistant !

Virtual Assistant memang sedang sangat dilirik oleh berbagai perusahaan software. Berbagai perusahaan besar hingga perusahaan kecil berlomba – lomba untuk memberikan pengalaman virtual assistant pada perangkat yang digunakan dari smartphone, tablet, PC, hingga ke perabotan rumah tangga. Beberapa produk – produk virtual assistant dari perusahaan bersar Siri dari Apple, Google Now dari Google, Samsung yang juga dikabarkan sedang membuat virtual assistant juga, dan tentu saja Cortana dari Microsoft untuk sistem operasi buatannya yaitu Windows 10 dan Windows Phone 10.
Cortana pertama kali dikenalkan pada versi terbaru pada sistem operasi (OS) Windows yaitu pada Windows 10. Sebagai OS yang mempunyai basis pengguna yang paling besar di dunia, tentu saja Cortana ditunggu – tunggu oleh pengguna Windows. Kehadiran fitur virtual voice assistant pada OS Windows dirasa sudah perlu hadir karena semakin berkembangnya teknologi AI serta untuk melawan perusahaan rival mereka yang sudah memperkenalkan virtual assistant di OS mereka seperti Siri pada produk Apple dan Google dengan Google Now pada OS Androidnya. Sebagai virtual assistant yang ditanamkan pada OS dengan basis pengguna terbesar, tentu saja mempunyai banyak keuntungan karena akan lebih sering digunakan, Cortana secara default akan bisa diaktifkan setelah anda meng-install Windows pada PC anda atau ketika baru membuka Windows PC anda.

- Katakan “Hey, Cortana” dan Cortana akan membantumu


Sebagai voice assistant tentu saja pengaktifan Cortana diawali dengan kata perintah yang harus dikatakan pengguna sehingga bisa aktif. Katakan “Hey, Cortana” dan dilanjutkan dengan perintah – perintah yang bisa dilakukan oleh Cortana. Terdapat berbagai perintah yang dapat dilakukan seperti membuka berbagai aplikasi yang diinginkan, mengatur music, mencari file, membuat alarm atau reminder, dan beberapa perintah lainnya. Perlu diperhatikan bahwa pengucapan harus sesuai dan cukup keras sehingga Cortana dan perintah yang diinginkan bisa aktif, . Sejauh ini saya sering menggunakan Cortana dan cukup puas, perintah Cortana akan dapat terlaksana jika pengucapan kita sesuai dan cukup keras, jika kita ditempat ramai sulit untuk bisa meangaktifkan cortana karena PC tidak. Masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan headphone dengan built-in Mic yang bisa menerima suara dengan jelas.

- Hilangnya Shortcut key aktivasi Cortana


Kesulitan yang saya temui selain perintah Cortana yang tidak bisa dilakukan ketika pada kondisi ramai yaitu hilangnya shortcut key untuk mengaktifkan Cortana di versi Windows 10 yang sekarang (Anniversary Update), entah karena alasan apa, tiba – tiba pada versi Anniversary. Dahulu ketika ingin mengaktifkan Cortana di Windows terdapat du acara yaitu dengan perintah suara “Hey, Cortana” dan dengan Shortcut key Windows (logo)/Start button + C, namun sekarang sudah dihapus. Tentu saja ini sangat disayangkan, secara pribadi saya suka dengan shortcut key ini karena ketika saya sedang tidak ingin menggunakan perintah suara, saya tinggal mengaktifkan dengan Shortcut key saja. Terdapat kabar bahwa
- Fitur Baru Cortana

Memasuki tahun kedua Windows 10, tentu saja sudah terdapat beberapa peningkatan pada fitur – fitur yang ada pada Windows 10, salah satunya tentu saja Cortana yang menjadi fitur khas di Windows 10 dibanding versi sebelumnya. Update besar terakhir yang di lepas Microsoft pada para pengguna adalah versi Anniversary Update yang memberikan update yang besar yang ke dua setelah November Update pada 2015 kemarin. Pada tahun 2017 dikatakan akan di release update terbaru yaitu Creators Update, didalamnya dikatakan Cortana menjadi focus peningkatan kinerja fitur voice assistant buatan Microsoft tersebut.

Beberapa diantaranya adalah anda akan dapat melakukan perintah power pada PC melalui Cortana seperti Sleep, Restart dan Shutdown, selain itu Cortana juga dapat melakukan perintah untuk membesarkan atau mengecilkan volume pada PC anda. Fitur ini sudah menjadi desas desus yang genjar diberitakan pada berbagai media, sudah sejak lama fitur ini dinantikan untuk muncul pada Cortana dan akhirnya Microsoft memberikannya pada update besar selanjutnya. Sementara fitur ini sudah dapat dinikmati pada versi Insider (developer) Windows 10. Diharapkan ketika Creators Update di release, fitur tersebut benar akan dimasukkan oleh Microsoft.

Cortana sebagai salah satu virtual voice assistant yang dibuat oleh Microsoft memiliki prospek yang menjanjikan sebagai virtual assistant. Keseriusan Microsoft untuk terus memberikan dukungan dan peningkatan pada Cortana sangat disambut baik oleh para pengguna Windows PC, kemampuannya yang tidak kalah dengan voice assistant lain membuktikan bahwa Cortana juga mampu memberikan pengalaman virtual assistant yang lebih baik, selain itu ditambah dengan basis pengguna yang besar (Cortana merupakan fitur yang terintegrasi dengan Windows 10) tentu saja membuat feedback untuk Windows 10 dan khususnya pada Cortana tentunya sangat menguntungkan Cortana untuk bisa lebih berkembang naik.












Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language