Apakah Sekarang Waktunya untuk Upgrade ke Windows 10 ? ~ Dee Nutrition's Blog | Deenutritions.com

Friday, June 16, 2017

Apakah Sekarang Waktunya untuk Upgrade ke Windows 10 ?

Windows 10 merupakan produk sistem operasi terbaru keluarga Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft. Windows 10 kini sudah masuk ke dalam tahun keduanya, dibandingkan versi awal peluncurannya sudah terdapat berbagai macam update dan peningkatan yang diberikan oleh Microsoft untuk menyempurnakan Windows 10 dan membuatnya diterima oleh masyarakat luas. Windows yang bisa dikatakan sebagai pemegang pangsa pasar sistem operasi PC terus ditunggu kehadiran versi terbarunya oleh para pengguna Windows dan Windows 10 diharapkan dapat menjadi penerus kesuksesan dari windows Xp dan Windows 7 serta tidak menjadi produk ‘gagal’ dan banyak kritikan seperti yang terjadi pada Windows Vista dan Windows 8 . Windows 10 sejatinya merupakan versi yang dibuat untuk mengatasi ‘kegagalan’ dari Windows 8 yang banyak di kritik dan disesalkan (terutama hilangnya start original dan digantikan dengan metro start screen). Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam alasan yang dapat dijadikan sebagai pondasi untuk segera pindah ke Windows 10.
- Kembalinya Start Screen
image
Satu hal yang sangat disesalkan pada versi Windows sebelumnya yaitu menghilangnya start screen klasik yang selalu menjadi ciri dari Windows sejak dahulu. Kembalinya start screen klasik di Windows 10 disambut dengan sangat baik oleh para pengguna Windows. Keputusan Microsoft yang menurut saya keputusan yang fatal dengan menghilangkan start screen klasik yang notabene-nya sebagai ciri khas dari Windows itu sendiri, akhirnya dikembalikan di Windows 10, tentu dengan adanya penambahan dan peningkatan sana sini. Jika di Windows 8 kita hanya diberikan full start screen mode, pada Windows 10 diberikan dua pilihan mode yaitu start screen klasik yang menjadi default dan full start screen mode. Start screen di Windows 10 masih menawarkan pengalaman klasik dari start screen yang lama kita kenal dengan tambahan live tile khas dari Windows 8. Anda juga bisa me-resize ukuran start screen di Windows 10.
- Terus Mendapatkan Dukungan Keamanan
Image result for windows defender windows 10 new interface
Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika suatu sistem operasi haruslah aman dan membuat kita nyaman dan bebas dari gangguan atau virus – virus yang dapat membuat pengalaman ‘ber-komputer’ anda bermasalah. Windows 10 akan selalu didukung dan ditingkatkan sistem keamanan sehingga Windows 10 bebas dari virus – virus berbahaya. Sebagai sistem andalan terbaru dari Microsoft tentunya, Microsoft akan terus memberikan dukungan keamanan dan membuat sistem operasinya terus aman dan masyarakat yang menggunakan Windows 10 tidak memiliki masala
Alasan dukungan keamanan menjadi salah satu alasan yang saya rekomendasikan kenapa saya menyarankan anda untuk upgrade ke Windows 10. Dengan adanya dukungan keamanan membuat anda nyaman dan tak perlu khawatir oleh adanya serangan virus – virus berbahaya yang dapat menyerang PC atau file – file penting anda misalnya. (Tambahan : pengalaman pribadi sejak menggunakan Windows 8 hingga sekarang ke Windows 10, sekarang saya tidak perlu meng-install aplikasi antivirus pihak ketiga karena menurut saya anti virus default Windows yang sekarang yaitu Windows Defender sudah dapat menjaga anda dan file – file anda.)
- Cortana sang Windows Assistant
image
Fitur ini adalah fitur yang saya tunggu – tunggu selain kembalinya start screen klasik pada Windows 10, sudah sejak lama saya ingin memiliki Windows Assistant (saya sangat menyukai office assistant yang ada pada microsoft office 2003, namun assistant ini ditiadakan oleh Microsoft di versi berikutnya). Jika berbicara tentang virtual atau voice assistant di sistem operasi maka Cortana merupakan salah satu yang memiliki fitur yang sangat baik. Anda untuk mengaktifkan Cortana hanya tinggal berbicara “Hey Cortana…” dan diikuti perintah – perintah yang dapat anda lakukan. Fitur Cortana di Windows 10 juga terus dikembangkan dan ditingkatkan, berbagai macam perintah terus ditambahkan oleh Microsoft pada update – update besar Windows 10 (pada versi Windows Insider atau Beta Program, sekarang Cortana bisa melakukan sleep, atau shutdown dan restart, lalu bisa menghidupkan kembali ketika dalam keadaan sleep dengan bilang “Hey Cortana”)
- Hadirnya Multiple Desktop
image
Ini merupakan fitur lainnya yang saya sukai dari Windows 10, dengan adanya Multiple Desktop kita bisa membagi beberapa desktop mempunyai ‘fungsi dan pekerjaan’ yang berbeda. Misalkan di desktop utama anda sedang mengerjakan tugas kuliah atau kantor, dan di desktop dua anda membuka aplikasi musik atau pemutar video. Fitur ini meminimalisir terjadinya penumpukkan berbagai macam program dalam satu desktop dan membuat saya nyaman menggunakan windows. Ditambah dengan fitur touchpad transition juga memudahkan untuk berpindah antar desktop(bahkan membuat saya menjadi ketagihan dengan adanya fitur ini), memang masih terdapat berbagai macam kekurangan yang ada namun menurut saya fitur ini sangat menarik dan saya berharap di update selanjutnya Microsoft meningkatkan fitur Multiple desktop ini.
- Tampilan Flat ala Windows
image
Mungkin tampilan dengan tema ‘flat’ sudah menjadi trend dari berbagai macam sistem operasi yang ada sekarang. Pertama yang diawali oleh Windows Phone dan Windows 8 lalu dibuat booming dengan iOS 7 dari Apple. Tampilan dengan tema ‘flat’ dan sederhana menjadi pilihan dari berbagai perusahaan pembuat sistem operasi. Microsoft tentunya terus membuat Windows untuk semakin disukai oleh para penggunanya. Secara default Windows 10 lebih sederhana dan ‘flat’ dibanding windows 8, dengan warna taskbar gelap default yang membuat ciri khas Windows 10 semakin kentara dibanding versi Windows lainnya. Pada update terbaru windows 10 juga diberikan fitur “Dark Mode” yang memberikan tema hitam pada hampir semua bagian.
- Fitur Battery Saver
image
Fitur ini juga sering saya gunakan jika saya sedang menggunakan laptop saya dalam keadaan cukup lama atau ketika tidak membawa charger. Bagi pengguna laptop atau tablet PC fitur ini jelas membantu memperpanjang waktu on dari laptop atau tablet anda. Fitur ini membantu anda untuk lebih lama berada di depan laptop atau tablet anda tanpa harus mencolokkan dengan charger.
Demikian berbagai macam alasan yang dapat saya berikan untuk membuat anda melirik Windows 10. Masih banyak alasan – alasan lainnya yang sebenarnya, namun secara garis besar 5(lima) alasan diatas merupakan alasan – alasan yang saya berikan mengapa anda harus segera upgrade atau memilih Windows 10 sebagai sistem operasi PC anda. Masih terdapat berbagai macam peningkatan – peningkatan kecil lainnya. Microsoft memang sudah mengakhiri masa gratis upgrade ke Windows 10 secara resmi, namun masih terdapat cara untuk bisa upgrade ke Windows 10 secara gratis, dan bagi anda yang ingin pindah dari versi windows sebelumnya masih bisa untuk pindah.



















Share:

0 Comments:

Post a Comment

Change Language